Eks-Pemakai Narkoba Dapat Bantuan Modal Usaha

0
580

KARIMUN – MANTAN pemakai narkoba menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa modal usaha. Bantuan itu diberikan, melalui program usaha ekonomi produktif yang diberikan secara stimulan.

Sebanyak 10 orang eks pemakai narkoba di Karimun menerima dana UEP di Kantor Yayasan Sekretariat Yayasan Rehabilitasi Sosial (Rehabsos) Sado Karimun, Kamis (14/9) kemarin. Bantuan modal usaha yang diberikan dalam bentuk barang senilai Rp 5 Juta.

Pembina Rehabsos Sado Karimun Linda Therisia mengatakan, awalnya diusulkan 20 orang untuk menerima bantuan. Namun, dari usulan tersebut yang dipenuhi pihak Kemensos RI hanya 10 orang. Ia menambahkan, bagi yang menerima bantuan meskipun ditanyatakan telah bersih dari pengaruh narkoba tetap dipantau demikian usaha yang dijalankan.

”Setelah bebas dan bersih dari pengaruh narkoba. Selama ini mereka menjalani rehab di Yayasan Rehabsos Sado. Eks pengguna narkoba diarahkan untuk memulai hidup yang lebih baik dengan membuka usaha. Sedangkan jenis usaha ditentukan oleh eks pemakai,” terang Linda.

Dengan bantuan modal yang diberikan, bisa membuat usaha pengecatan kendaraan bermotor, jual pulsa dan usaha kafe. Usaha yang dirintis, tentunya akan menjadi bekal hidup untuk di masa yang akan datang.

Dengan harapan, tidak terjebak kembali pengguna narkoba. Ia mendorong, Pemkab Karimun ikut membantu pengguna narkoba setelah pulih dan bebas dari ketergantungan. Dapat memberikan bantuan usaha atau mengirimkan untuk dilatih menjadi pekerja yang siap pakai.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here