Ekstasi Dibuat dari Obat Panadol

0
4564
NARKOBA: Jajaran Ditresnarkoba Polda Kepri menggelar jumpa pers sebelum pemusnahan narkoba di Polda Kepri, kemarin.f-martua/tanjungpinang pos

Polda kepri Bongkar Pabrik Ekstasi di Bengkong

Banyak akal para penjahat untuk menghasilkan narkoba. Salah satu obat flu Panadol pun diracik dengan bahan lain untuk membuat narkoba.

BATAM – MUDAHNYA mendapatkan Panadol di warung-warung membuat para pelaku tergiur untuk memproduksi barang haram itu. Bahkan, tempat produksinya dilakukan di Bengkong, Batam.
Untungnya, jajaran Polda Kepri berhasil mengungkap pabrik narkoba itu.

Barang tangkapannya pun dimusnahkan, Selasa (13/6) di Mako Polda Kepri di Nongsa, Batam. Sebelum pemusnahan itu, jajaran Polda Kepri melakukan jumpa pers pemusnahan terhadap barang bukti hasil tangkapan narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi itu.

Saat itu dibeberkan, dari hasil pengungkapan barang bukti yang diamankan, ada ekstasi berbahan Panadol dan dibuat di Bengkong, Batam. Hal ini sebagaimana disampaikan Kasubbidpenmas Bidang Humas Polda Kepri AKBP Edi Santoso, Selasa (13/6). Pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan dari hasil tangkapan sebelumnya. Di mana, pemusnahan dilakukan di ruang Ditresnarkoba Polda Kepri.

Baca Juga :  12 Kadis Pemprov Terancam Diganti

”Jumlah tersangka dari barang bukti yang dimusnahkan ada enam orang. Masing-masing SK alias K, S alias S, MR alias R, R alias N, N alias H, RAN alias N,” ujar Edi Santoso. Modus operandi yang digunakan oleh pelaku SK dan S adalah dengan memasukkan narkotika jenis sabu ke dalam sepatu miliknya. Diduga sabu yang dimasukkan dengan cara membuka sol sepatu tersebut dan menjahitnya kembali.

”Satu sepatu bisa menyimpan minimal sabu seberat 245 gram. Selanjutnya dilakukan penggeledahan di rumah para pelaku dan didapati satu timbangan digital warna abu-abu merek Constant dan beberapa lembar plastik bening,” jelasnya.

Barang bukti yang disita keseluruhannya sebesar 1.009 gram sabu. Dimana, dari tersangka SK alias K didapati sabu seberat 504 gram disimpan di dalam sepasang sepatu merek Cat. Sepatu sebelah kanan di dalamnya terdapat sabu seberat 245 gram dan sepatu sebelah kiri didapati sabu seberat 259.

Selain itu, dari tersangka S alias S didapati sabu seberat 505 gram disimpan didalam sepasang sepatu merek Jack Purcell. Sepatu sebelah kanan didalamnya terdapat sabu seberat 251 gram dan sepatu sebelah kiri didapati sabu seberat 254 gram. Dari barang bukti itu, seberat 937 gram sabu dimusnahkan. Sementara 64 gram dikirim ke Puslabfor Polri Cabang Medan dan sebanyak 8 gram untuk pembuktian di Pengadilan.

Baca Juga :  Prajurit TNI Bisa Jadi Guru

Berikutnya dari tersangka inisial MR alias R, melakukan modus operandi dengan melakukan oplosan terhadap pil ekstasi berwarna pink dengan logo Love dicampur dengan obat flu merek Procold lalu jenis obat-obatan tersebut dicampur dan dicetak menggunakan alat sederhana yang dibuat oleh pelaku.

Barang bukti yang disita 32 pil berwarna pink berlogo Love, 60 pil/tablet berwarna pink berlogo Procold. Ada satu unit handphone merek Samsung, satu pisis gunting, satu palu, dua besi bulat yang digunakan untuk mencetak pil, satu batang besi dan satu lembar amplas/kertas pasir.

Baca Juga :  120 Istri Prajurit Membatik, Hasilnya Bedelau

Selanjutnya pada tersangka R, N dan RAN yang diamankan 17 Mei 2017 di depan ATM Mandiri Kawasan Citra Tubindo Teluk Bakau Nongsa, disita tiga bungkus sabu 0,4 gram, 0,4 gram, 0,3 gram dan satu bungkus plastik transparan yang diduga berisi sabu dengan berat 0,7 gram.

Selain itu, ada bungkus plastik transparan yang berisi diduga. Isinya masing-masing 4,7 gram, 2,1 gram, 5,7 gram dan 3,9 gram. AKBP Hernowo Yulianto Wadirresnarkoba Polda Kepri mengatakan, untuk ekstasi yang ditangani Subdit II Ditresnarkoba dibuat dari bahan Panadol di Bengkong Batam. Barang bukti yang diamankan berupa 30 butir ekstasi yang sudah jadi, 60 butir masih berupa bahan beserta alat pencetaknya. ”Total tersangka dua kasus tersebut berjumlah enam orang,” kata dia.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here