Elpiji 3 Kg Nyasar ke Pedagang

0
270
warga saat mengantre untuk mendapatkan gas subsidi 3 kg beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS tolong pihak terkait, gas 3 kg hanya untk masyarakat miskin… tapi rumah makan dan restron kok banyak yang menggunakan apa boleh? Kan udh jelas untk keluarga karena disubsidi bukan untuk usaha.
081261008748

TANGGAPAN:
Ada penambahannya 13.400 tabung gas elpiji di Tanjungpinang. Kuota sebelumnya mencapai 509.673 tabung gas. Kini total kuota ada 524.073 tabung gas. Untuk harga jual, elpiji 3Kg masih menggunakan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 15 ribu per tabung, namun harga di panggakalan bervariasai hingga di pengecer. Ada yang dijual hingga Rp 19 ribu pertabung dengan alasan biaya transportasi.

Berbeda dengan Gas Bright ukruan 5,5 kilo dengan harga R 66-68 ribu. Sedangkan gas 12 Kg dijual seharga Rp143 ribu ā€“ Rp145 ribu per tabung dari agen ke pangkalan, sementara dari pangkalan ke masyarakat dijual seharga Rp165 ribu ā€“ Rp170 ribu per tabungnya.

Dengan penambahan tersebut, maka tabung gas dinyatakan cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Dan untuk mengatasi penimbunan, pihak pertamina akan melakukan pemantauan di agen-agen. Sedangkan agen-agen akan melakukan pemantauan disetiap pangkalan agar tidak terjadi hal tersebut.

Riono menyampaikan, tingginya tingkat kebutuhan masyarakat selama Ramadan serta cuti bersama ASN yang berlangsung selama 9 hari terhitung mulai tanggal 11-20 Mei dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan gas LPG 3kg.

Untuk mengantisipasi kelangkaan LPG selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tersebut Pemerintah Kota Tanjungpinang meminta kepada pihak Pertamina agar dapat menambah kuota untuk Kota Tanjungpinang sebesar 10 persen. (bas)

Oos Kosasih
Branch Manager Marketing PT Pertamina Kepri,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here