Embung Teluk Buton Belum Bermanfaat

0
793
EMBUNG AIR: Pembangunan embung air yang terlihat sudah selesai pengerjaannya. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Keberadaan embung di Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara sampai saat ini belum bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Padahal, sesuai rencana pembangunan embung untuk memenuhi kebutuhan air bersih di desa teluk buton.

Namun setelah selesai pekerjaan tahun 2016 lalu, belum ada gambaran apakah air embung itu akan disalurkan kepada masyarakat. Kepala Dusun (Kadus) Desa Teluk Buton Bujang Abas mengatakan, sampai saat ini warga tidak mengetahui peruntukan dari embung tersebut.

Bahkan sejauh ini, belum ada kabar kapan pemerintah memasang jaringan pipa kemana air tersebut akan dialirkan. ”Kami gak tau itu embung untuk apa. Katanya buat suplai air bersih. Lokasinya jauh di ujung desa,” kata Abas di Teluk buton, Kamis (25/5).

Abas dan warga lainya berharap, keberadaan embung bisa membantu warga mendapatkan air bersih. ”Selama ini, untuk mencuci, memasak dan mandi, kami mengandalkan air sumur. Tapi ya itu tadi, airnya agak payau,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, embung yang dibangun dari dana DAK pusat tersebut dibangun di lahan seluas lebih kurang 1 hektare. Embung dibangun persis di salah satu aliran sungai, di perbatasan Desa Teluk Buton dengan Desa Kelarik.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here