Empat Buku Budaya Melayu Diterbitkan

0
793
M ishak

Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga menerbitkan empat buku tentang sejarah dan kebudayaan Melayu Lingga.

LINGGA – Penerbitan buku dilakukan sebagai upaya dan tekad Pemkab Lingga untuk terus menggali dan mengangkat, menampilkan dan membukukan segala warisan budaya Melayu agar tidak hilang tergerus zaman.

”Istilahnya ‘Mengangkat Batang Terendam’. Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu memiliki kewajiban menjaga dan melestarikan budaya dan Tamadun Melayu,” kata Kadisbud Lingga, M Ishak, Selasa (16/1).

Dikatakannya, untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Melayu Disbud Lingga sebagai organisasi perangkat daerah yang membidangi kebudayaan beberapa waktu lalu telah menggelar event Tamadun Melayu Antarbangsa mendapat respon positif dari budayawan dan sejarawan nasional dan negara-negara serumpun.

Baca Juga :  Bandara Dabo Terus Tingkatkan Kinerja

”Event ini membuahkan komitmen dari daerah dan negara serumpun Melayu untuk terus dilajukan setiap tahun,” ucapnya

Dikatakannya, dengan terbitnya empat buku, yakni Teater Bangsawan Lingga, Permainan Rakyat Kabupaten lingga, Cerita Rakyat Asal Usul Nama Tempat (toponimi) dan Sultan Mahmud Riayat Syah Pahlawan Besar Gerilya Laut adalah bukti keseriusan Pemkab lingga untuk menjaga kebudayaan Melayu.

”Kita berharap sekali buku-buku tersebut dapat dijadikan bahan bacaan dan menjadi materi muatan lokal bagi anak-anak sekolah di Kabupaten Lingga,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here