Empat Bulan Kades Tak Gajian

0
741
Kades: Kades Pulau Tiga Mulyadi saat mempertanyakan gaji para kades yang belum juga bisa cair. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Hampir seluruh Kepala Desa di Kabupaten Natuna tidak menerima gaji sejak 4 bulan lalu. Mereka tak gajian karena keterlambatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang mestinya sudah mereka serahkan ke pemerintah daerah.

Meski tidak semuanya Kepala Desa yang telat menyampaikan APBDes, namun mereka juga kena sanksi sesuai dengan peraturan Bupati Natuna. Hal tersebut diungkapkan Kades pulau tiga Mulyadi, saat mempertanyakan masalah gaji yang sudah 4 bulan belum dibayarkan Pemkab Natuna.

”Jika seperti ini terus, bagaimana pelayanan ke masyarakat bisa berjalan sempurna,” sebutnya saat bertemuan dengan anggota DPRD Komisi III dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Natuna, Kemarin.

Baca Juga :  Wisata Penangkaran Buaya Destinasi Unggulan

Sekretaris Kepala Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Syafi’i mengaku pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait gaji para kades yang belum tersalurkan. Sesuai dengan peraturan Bupati Natuna sudah jelas bahwa proses pencairan harus sejalan dengan APBD Natuna.

”Selama ini, laporan penggunaan anggaran yang diusulkan setiap desa mengalami keterlambatan sehingga anggaran yang ditransfer ke desa menjadi terlambat,” jelasnya.

Keterlambatan penyaluran anggaran ke desa bukan karena pemerintah daerah menunda-nunda, namun karena penyusunan di desalah yang membuat segala oprasional sampai gaji para kades juga tertunda.

Baca Juga :  Lanud RSA Tanam Bakau dan Bersihkan Pantai

”Kita juga ingin segalanya bisa berjalan normal. Namun pemerintah sudah menekankan supaya usulan setiap desa bisa lebih cepat. Saya juga merasa terbebankan, karena dengan keterlambatan tersebut jelas sangat membuat lambat pembangunannya,” tutupnya. (cr25)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here