Empat Doktor Bersaing Calon Rektor UMRAH

0
837
EMPAT calon Rektor UMRAH Tanjungpinang. f-istimewa

DOMPAK – Senat Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang sudah mengumumkan nama calon Rektor UMRAH berdasarkan putusan Nomor 12/B/UN53/TP/01.01/2020. Pengumuman tersebut ditetapkan, 6 Maret 2020.

Sebelumnya, tahapan pemilihan rektor sempat ditunda karena minimnya calon yang mendaftar pada tanggal 14-27 Febuari 2020. Kini, formasi calon rektor UMRAH sudah memenuhi kapasitas sebanyak 4 orang.

Menurut sekretaris panitia seleksi, Ferdi pengumuman penundaan pemilihan Rektor UMRAH pada periode 2020-2024 dengan menindaklanjuti surat yang disampaikan panitia Pilrek Nomor 08/B/UN53/TP/01 03/2020 tanggal 14 Februari 2020 tentang Pengumuman Perpanjangan Batas Waktu Pendaftaran Bakal Calon Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji Periode 2020-2024.

Demikian juga disampaikan oleh Gatot Subroto sebagai panitia seleksi Rektor UMRAH periode 2020-2024 bahwa benar yang mandaftar sudah mencapai 4 orang.

”Iya, benar itu merupakan salinan dari Putusan senat Nomor 12/B/UN53/TP/01.01/2020 tanggal 6 Maret 2020 dan sudah ada 4 nama yang mencalonkan,” ujar Gatot, Minggu (8/3).

Nama-nama calon Rektor UMRAH tersebut adalah Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA, Dr. Mohamad Rizan, S.E., M.M. merupakan calon rektor yang mendaftar sebelum ditundanya tanggal pemilihan.

Dua nama yang kemudian mendaftar selanjutnya adalah Dr. Agus Salim, S.Ag., M.Si, dan Dr. Irawanto, S.Sos., M.Si.

Sebagaimana yang disampaikan Humas UMRAH, sebelumnya ada 5 calon yang mendaftar sebagai Rektor UMRAH. Namun, satu nama dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat sebagai calon Rektor UMRAH pada 7 Maret 2020. Nama calon yang gugur tersebut adalah Dr. Syuzairi.

Dari beberapa tahapan Gatot mengungkapkan sudah melakukan tahap penjaringan sesuai peraturannya yang menetapkan nama calon rektor sebanyak empat orang sejak tanggal 14 Januari hingga 11 Februari.

”Dalam tahap penjaringan berdasarkan peraturannya, kami memang harus memiliki nama calon minimal 4 orang calon yang berhak bersaing di tahap selanjutnya, dan sekarang sudah lengkap,” ujarnya.

Namun saat dikonfirmasi ternyata sampai batas akhir tanggal 11 Februari pukul 16.00 yang mendaftar hanya sebanyak dua orang yaitu atas nama Dr. Agung Dhamar Syakti, Dr. Mohamad Rizan. Setelah itu panitia mengadakan rapat internal dan menyampaikan kepada senat sehingga tahap penjaringan pun ditunda.

Diketahui bahwa setelah dilakukan tahapan penjaringan, tahap selanjutnya akan melakukan tahap penyaringan. Dimana, empat orang tersebut akan menyampaikan visi dan misi serta program kerja.

Tahap penyaringan terhadap empat calon rektor ini akan menyampaikan visi misi dan program kerja di hadapan senat, Kamis (12/3) mendatang.

Setelahnya akan dilakukan penetapan suara oleh senat dan kementerian terhadap siapa yang berhak diantara keempat orang tersebut untuk mendapatkan jabatan sebagai Rektor UMRAH. (cr28)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here