Empat Kecamatan Dapat Sertifikat Gratis

0
903
TANDATANGAN: Bupati Bintan H Apri Sujadi menandatangani nota kesepahaman Proda dengan Kepala BPN Bintan. F-ISTIMEWA/kominfo bintan

2017, Proda Bintan Sediakan 400 Persil

BINTAN – PEMKAB Bintan akan memberikan sertifikat kepemilikan lahan secara gratis Tahap awal di tahun 2017 ini, ditujukan kepada empat kecamatan. Namun, jumlah sertifikat yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu hanya sebanyak 400 persil (bidang).

Kebijakan Pemkab Bintan itu telah disetujui bersama BPN Bintan, dalam satu nota kesepahaman memorandum of understanding (MoU) tentang hak atas tanah melalui Program Operasi Daerah Agraria (Proda) tahun anggaran 2017.

Kerja sama nomor 02/SPK-21.01/V/2017 dan nomor 461/MoU/2017 tertanggal 15 Mei 2017 itu, ditandatangani oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Kepala BPN Bintan H Sugiarto, di Kantor Bandar Seri Bentan, Senin (15/5) siang kemarin.

Empat kecamatan yang bakal diberikan sertifikat tanah melalui pelayanan Proda itu antara lain Kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara, Toapaya dan Kecamatan Teluk Bintan.

Usai penandatangan MoU, Kepala Kantor BPN Bintan H Sugiarto menjelaskan, empat kecamatan tersebut telah dianggarkan pekerjaan sertifikasi tanah sebanyak 400 bidang (persil). Jika Proda ini sukses, tahun berikutnya telah dianggarkan 10.000 persil tanah. Diprioritaskan bagi kawasan wilayah yang cukup padat penduduk.

Dari 400 persil yang disediakan tahun 2017 ini, warga di Kelurahan Kijang Kota akan menerima 150 persil, Kelurahan Gunung Lengkuas 50 bidang, Kelurahan Tanjunguban Kota 50 bidang, Kelurahan Tanjunguban Utara 50 bidang, Kelurahan Toapaya Asri 50 bidang, Kelurahan Tembeling Tanjung 30 bidang, dan Desa Bintan Buyu 20 bidang.

Sebelumnya, Sugiarto juga mengatakan, tahun 2017 ini, kegiatan Program Operasi Nasional Agraria (Prona) akan dilanjutkan kembali. Untuk wilayah Provinsi Kepri disediakan kuota sekitar 74 ribu persil. Dari kuota itu, yang sudah terealisasi sekitar 4.000 persil. Dari 4.000 persil ini, kuota Prona di Bintan sebanyak 700 persil.

Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, Mou pengurusan sertifikat kepemilikan tanah warga melalui Proda bersama BPN itu merupakan sebuah sinergi yang baik. Sejalan dengan program Presiden RI Joko Widodo, untuk pelayanan sertifikasi tanah.

Justru itu, Apri Sujadi menginstruksikan kepada Bagian Agraria Setdakab, serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bintan untuk membebaskan BPHTB, guna kemudahan pengurusan sertifikasi.

”Proda sebanyak 400 persil ini, merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat Bintan,” kata H Apri Sujadi.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here