Enam Daerah Belum Rampung Listriknya

0
508
PETUGAS PLN saat memasang tiang listrik di pulau-pulau.f-istimewa/humas pln tanjungpinang

TANJUNGPINANG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Kerja Tanjungpinang, Kepulauan Riau mencatat hingga kini di Provinsi Kepri masih ada sebanyak 77 Desa/Dusun yang belum dialiri listrik. Hingga 2019, desa ini masih terisolir dari kebutuhan listrik.

Dari tujuh kabupaten/kota di Kepri, hanya Tanjungpinang yang sudah terlistriki 100 persen. Sedangkan enam kabupaten/kota lainnya, sebagian warganya belum menikmati listrik PLN Persero.

Hal tersebut diungkapkan oleh Supervisor Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan Kepri (UP2K), Wahyu Dwi Prasetyo di Tanjungpinang, Senin kemarin, kepada wartawan.

Baca Juga :  Peserta Gurindam 12 Membeludak

”Kondisi itu menjadi tantangan kami, karena sesuai dengan target pemerintah pusat pada tahun 2020 Indonesia merdeka dari listrik atau tidak ada lagi yang tidak teraliri listrik,” ujar Wahyu.

Kondisi geografis dan jarak tempuh yang sangat jauh, lanjut Wahyu, menjadi salah satu kendala pihaknya untuk mengaliri listrik ke desa-desa yang belum teraliri di Kepulauan Riau.

”Jarak tempuh dan lain sebagainya menjadi kendala yang kami alami dalam mengaliri listrik di pulau-pulau terluar tersebut seperti di pulau-pulau yang ada di Natuna dan Anambas yang sangat sulit untuk ditempuh,” tambahnya.

Baca Juga :  Pemprov Siapkan Fasilitas di Teluk Keriting

Menurut Wahyu, meskipun terkendala oleh jarak geografis, PLN Wilayah kerja Tanjungpinang Kepri akan terus menargetkan mengaliri listrik di daerah-daerah terluar Kepri itu.

”Pada tahun 2019 ini, rencana akan dituntaskan. Kami akan menargetkan tercapai semuanya, sesuai visi PLN Pusat yaitu tahun 2020 Indonesia Merdeka dari Listrik,” kata Wahyu.

Wahyu juga mengatakan, saat ini, PLN Batam mensuplay sebanyak 77 Megawatt untuk PLN wilayah kerja Tanjungpinang, khusunya untuk Pulau Bintan yaitu Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

”Kalau daerah lain tidak di suplay dari Batam karena yang memungkin kan untuk dialiri melalui laut hanya pulau Bintan dari Batam dan karena daya di batam juga berlebih,” jelas Wahyu.

Baca Juga :  Nama Candra Mencuat di Bursa Pilbup Natuna

”Kalau untuk Kota Tanjungpinang sudah 100 persen teraliri listrik,” sebutnya. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here