Enam Maskapai Layani Rute Tanjungpinang

0
946
Bandara RHF: Wisatawan yang akan berangkat dari Bandara RHF saat foto mengambil latar nama bandara. F-andri/tanjungpinang pos

Rata-rata Penumpang 500 Orang Per Hari

TANJUNGPINANG – Kini, sudah ada enam maskapai penerbangan yang melayani rute Bandara Raja Haji Fisabillah (RHF) Tanjungpinang. Rata-rata penumpang yang datang 500 orang dan yang berangkat juga sekitar 500 orang. Keenam maskapai itu, Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda Air, Wings Air, Xpress Air, dan Susi Air.

Dari enam maskapai penerbangan, hanya lima maskapai penerbangan yang terbang setiap hari. Masing-masing penerbangan Sriwijaya Air, Lion Air, Garuda Air, Wings Air, dan Xpress Air.

”Kalau Susi Air terbang dari dan tiba ke Tanjungpinang, dua kali dalam seminggu atau setiap Senin dan Rabu saja,” kata Manajer Operasi dan Teknis PT Angkasa Pura II Tanjungpinang, Frans Yosef HM kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (3/10).

Frans Yosef berharap akan ada penambahan rute baru seperti tujuan Surabaya dan daerah lainnya. Awalnya, Yosef mengatakan, Susi Air terbang dari Dabo, Lingga tiba ke Tanjungpinang pukul 10.30. Setelah itu, Susi Air kembali terbang dari Bandara RHF Tanjungpinang menuju ke Dabo pukul 11.15 pada hari Senin. Kalau hari Rabu, Susi Air terbang dari Dabo tiba ke Tanjungpinang pukul 12.20.

Kemudian, Susi Air terbang dari Tanjungpinang menuju Letung pukul 13.10. Setelah dari Letung, Susi Air kembali lagi terbang ke Tanjungpinang pukul 16.00. Dari Tanjungpinang terbang ke Dabok pukul 16.30.

Selain itu, Sriwijaya Air, Lion Air dan Garuda Air hanya memiliki rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Jakarta, atau sebaliknya dari Jakarta ke Tanjungpinang yang dijadwalkan setiap hari terbang. Mulai dari jadwal Sriwijaya Air terbang dari Jakarta menuju ke Tanjungpinang pukul 18.50. Keesokan harinya tepatnya pukul 7.20, Sriwijaya Air sudah kembali terbang dari Tanjungpinang membawa penumpang menuju ke Jakarta.

Kemudian disusul dengan jadwal penerbangan Lion Air, dari Jakarta ke Tanjungpinang pukul 9.50. Lion Air kembali terbang dari Tanjungpinang menuju ke Jakarta pukul 10.35. Setelah itu, maskapai penerbangan Garuda Air datang dari Jakarta ke Tanjungpinang pukul 12.05. Kembali terbang maskapai Garuda Air dari Tanjungpinang menuju ke Jakarta pukul 13.00.

Kalau jadwal maskapai Wings Air dari Pekanbaru ke Tanjungpinang pukul 7.20. Setelah tiba di Tanjungpinang, Wings Air kemabli terbang menuju ke Batam pukul 7.45. Kemudian, Wings Air kembali datang dari Kualanamo ke Tanjungpinang pukul 17.25. Dan terbang lagi dari Tanjungpinang menuju ke Kualanamo pukul 18.05.

Jadwal penerbangan Xpress Air daatang dari Pekanbaru ke Tanjungpinang pukul 9.40. Sedangkan terbang dari Tanjungpinang ke Matak pukul 14.05. Dari Matak terbang ke Tanjungpinang pukul 16.00. Kalau Xpress Air terbang dari Tanjungpinang ke Padang pukul 7.00, dan kembali terbang dari Padang kembali lagi ke Tanjungpinang pukul 10.10.

”Kalau keinginan kita, ada lagi rute baru yang dilalui maskapai penerbangan di Tanjungpinang. Salah satu rutenya Tanjungpinang-Surabaya PP,” ucap dia.

Rute Tanjungpinang-Surabaya PP, ia sudah pernah menawarkan ke semua maskapai penerbangan di Tanjungpinang. Karena adanya rute penerbangan baru, tergantung dari maskapai penerbangan tersebut. Sebab, maskapai penerbangan yang mengambil keputusan tersebut.

”Kita hanya bisa menawarkan untuk buka rute baru. Ya, mudah-mudahan maskapai penerbangan di Tanjungpinang menambah rute baru lagi dari dan tiba di Tanjungpinang,” harap dia. (dri) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here