Enam Ribuan Siswa Baru Digratiskan

0
1007
SALAMI ANAK: Ketua PKK Bintan Hj Debi Apri Sujadi menyalami anak-anak usia sekolah, yang diberikan program pendidikan gratis Pemkab Bintan, belum lama ini. F-YENDI/TANJUNGPINANG POS

Seragam, Sepatu dan Buku Disediakan Pemkab

BINTAN – DINAS Pendidikan sudah mengumpulkan jumlah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017-2018 ini. Dari laporan sementara, bakal ada 6 ribuan siswa baru masuk sekolah SD/MI dan SMP/MTS yang digratiskan.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSI MSi menyebutkan, perkiraan siswa baru tahun pelajaran 2017-2018 itu antara lain untuk masuk SD sebanyak 3.308 siswa. Untuk Madrasah Ibtidiyah (MI) sebanyak 238 siswa, SMP sebanyak 2.831 siswa dam MTs sebanyak 273 siswa.

”Ya, lebih dari 6 ribuan siswa Bintan yang digratiskan, saat masuk sekolah tahun ajaran ini. Ini program utama Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Pak Wabup H Dalmasri Syam,” tegas Tamsir, saat memberikan keterangan kepada Tanjungpinang Pos, Senin (10/7) kemarin.

Baca Juga :  Bengkel BSP Diresmikan, Sediakan Voucher Diskon

Sekolah gratis siswa baru tersebut, lanjut Tamsir, bukan saja biaya pendaftaran PPDB dan masuk sekolah. Siswa baru SD/MI dan SMP/MTs, juga akan mendapatkan perlengkapan sekolah secara gratis. Perlengkapan yang disediakan Pemkab Bintan itu antara lain, seragam harian (Baju OSIS) lengkap dengan topi dan dasi. Kemudian diberikan seragam pramuka lengkap, pakaian Melayu, pakaian olahraga dan seragam batik.

”Sepatu dan buku juga kita gratiskan untuk seluruh siswa baru. Program pendidikan gratis dari Bupati dan Wabup Bintan ini berlaku untuk semua sekolah SD/MI dan SMP/Mts se-Kabupaten Bintan. Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, semuanya gratis. Belum ada dijalankan di daerah lain,” ujar Tamsir.

Secara teknis, jelas Tamsir, pada saat siswa daftar ulang, tim PPDB sekolah mendata dan mengukur size atau ukuran tubuh siswa. Kemudian, tim PPDB sekolah merekapitulasi jumlah dan menyampaikan data tersebut kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, paling lambat Senin (10/7) kemarin. Selanjutnya, Dinas Pendidikan akan mengadakan perlengkapan sekolah gratis itu, secara besar-besaran.

Baca Juga :  IAP Kepri Dorong Pembangunan Infrastruktur Pulau Kecil

”Kami perkirakan, 3 bulan ke depan bantuan kelengkapan sekolah sudah dapat di bagikan. Insya Allah sudah diserahkan kepada siswa, pada bulan Oktober 2017 nanti,” tambahnya. Pada kesempatan lain, Kabid Pendidikan Dasar Disdik Bintan Johari menyampaikan, Disdik Bintan sudah menerima sebagian data jumlah siswa baru SD/MI dari pihak sekolah.

”Untuk sementara ini, sudah ada 3.297 peserta didik baru tingkat SD yang terdata. Tapi, ada beberapa sekolah yang melaporkan, ada penambahan peserta didik. Karena, masih ada anak yang berumur 7 tahun, yang mendaftar masuk SD. Kita masih menunggu data tambahan itu,” sebut Johari.

Baca Juga :  Menjabat Bunda Tagana, Debby Cakap Tugas Mulia

Sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, dirinya sudah mengingatkan agar setiap sekolah melaporkan secepatnya kepada Disdik Bintan, mengenai jumlah siswa baru. Sehingga, semua anak Bintan yang baru masuk sekolah, bisa diberikan bantuan program pendidikan gratis.

”Pendidikan gratis seperti ini lah, yang saya rasakan lebih tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bintan. Sehingga, tidak ada lagi anak Bintan yang tidak sekolah. Dana yang kita sediakan mencapai Rp 12 miliar. Kalau masuk SMA/SMK, itu wewenang Pemprov Kepri,” demikian ditutur H Apri Sujadi.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here