Enam Titik Banjir Jadi Fokus PUPR

0
419
ALIRAN sungai di sekitar terminal Sungai Carang Bintan Centre, diperbaiki pihak developer untuk mengatasi banjir. f-yendi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – ENAM titik banjir di wilayah Tanjungpinang Timur, menjadi fokus penanganan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Tanjungpinang. Kawasan rawan banjir itu antara lain di wilayah Pasopati, Sri Andana, Taman Harapan Indah (THI), Cendrawasih, Sidojasa dan Sidodadi.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Bidang Bina Marga (BM) Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulkarnain, Selasa (17/7). Menurutnya, Dinas PUPR Kota Tanjungpinang sudah pernah menangani dari beberapa titik banjir di enam kawasan tersebut. Penanganan yang sudah dilakukan, adalah permanenkan saluran air serta normalisasikan kawasan tersebut.

Misalnya, dulunya saluran air belum permanen. Sekarang saluran air tersebut sudah dipermanen. Kemudian, saluran air tersebut sudah dangkal hingga tersumbat. Sehingga air mudah meluap keluar dari kawasan tersebut. Dengan kondisi seperti itu, pihaknya melakukan pendalaman hingga melebarkan serta membersihkan saluran air. Agar air mudah hingga cepat mengalir cepat di kawasan tersebut.

”Kita sudah pernah mengerjakan di kawasan Pasopati dan Sri Andana,” kata Zulkarnain.

Dulu, kata Zulkarnain, dua kawasan tersebut sering banjir saat hujan. Begitu juga terjadi di kawasan lainnya di wilayah Tanjungpinang Timur. ”Tapi, alhamdulillah sudah mulai berkurang,” terang dia.

Meskipun tidak ada anggaran, pihaknya hanya bisa dan mampu untuk melakukan normalisasi di kawasan banjir tersebut, di tahun 2018. Pasalnya, butuh biaya besar untuk melakukan atau membuat kegiatan pendalaman, maupun pelebaran kawasan banjir tersebut. ”Perencanaan kita sudah ada. Ya, setiap kawasan tersebut butuh anggaran kurang lebih Rp 1 miliaran,” ucap dia.

Ia sudah berupaya mengajukan kegiatan ke Pemprov Kepri maupun pemerintah pusat melalui APBN, tahun 2018. Namun, sampai saat ini belum dapat angin segar. Baik itu dari Pemprov Kepri maupun pemerintah pusat. ”Hanya itu lah upaya yang sudah kita lakukan,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here