Erman Pimpin Kemenag Tanjungpinang

0
1903
PELANTIKAN: Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal, melantik kepala Kemenag di kabupaten kota di Kepri. F-SUHARDI/tanjungpinang pos

Pejabat Kemenag se-Kepri Bergeser

TANJUNGPINANG – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kepri H Marwin Jamal melantik kepala Kemenag di kabupaten/kota se Kepri. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kemenag Kepri, Selasa (3/10) pagi kemarin.

Pelantikan kepala Kemenag ini sudah direncanakan sejak Juli lalu. Semula dijadwakan yang akan melantik Sekjen Kemenag RI di Kota Batam. ”Mutasi jabatan ini adalah hal yang biasa. Bukan atas dasar suka atau tidak suka,” ujar Marwin kepada wartawan.

Bahkan untuk memutuskan nama-nama pejabat yang dilantik, Marwin sudah dibahas bersama pejabat Kemenag pusat. Hasilnya yakni sejumlah nama yang hari ini dilantik di Kemenag.

Marwin menjelaskan, adapun nama-nama pejabat Kemenag yang dilantik antara lain Dr Erman Zaruddin, sebelumnya Kabid Bimas Islam Kemenag Kepri dilantik sebagai kepala Kemenag Tanjungpinang. Sedangkan Muhammad Nasir Kemenag Tanjungpinang bertukar posisi dengan Kepala Kemenag Bintan.

Saring, pejabat Pengadministrasian Kemenag Kepri dilantik menjadi Kepala penyelengara urusan Agama Budha di Kabupten Lingga.

Kemudian M Syafii, sebelumnya menjabat kepala seksi bidang Penghulu menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kemenag Kepri.

Lukman sebelumnya, menjabat Kepala bidang Bantuan Agama Islam, saat ini menjabat Kepala Kantor Kemenag Karimun. Sedangkan Dr Aprizal, sebelumnya kepala Kemenag Karimun menjabat Kepala Bidang Bimas Islam. Sedangkan Erizal Abdullah menjabat Kepala Kemenag Kota Batam.

”Mereka yang dilantik ini kita harapkan mampu memecahkan masalah kompleks yang selalu timbul di tengah masyarakat. Misalnya Kota Batam hampir sebagian besar muncul beragam persoalan,” pesan Marwin.

Paling tidak bisa mengenal budaya masyarakat di mana tempat mereka ditugaskan. Misalnya seperti Nasir dengan jangkauan wilayah yang cukup luas. Lukman sebagai kepala Kemenag Karimun harus mampu memahami struktur daerah Karimun.

Ditambah lagi, Kota Tanjungpinang sebagai Ibukota juga pimpinan yang memahami kondisi masyarakatnya. Ia berharap semua Kepala Kemenag yang bergeser saat ini, mampu mengukir prestasi dan bisa mengayomi masyarakat.

Selain itu, ia juga berpesan, sesuai amanat Menag RI bahwa saat ini, yang jadi konsentrasi memakmurkan masalah pendidikan dasar di tingkat Pesantren dan Madrasah. Kemudian pelayanan ibadah haji, serta kerukunan antar umat beragama suatu daerah.

”Sudah menjadi tugas pokok kita pegagang, dan sesuai amanah Pak Menteri Agama, bahwa pelan-pelan tamatan dari Madrasah Ibtidayah paling tidak hafal satu jus. Serta yang tamatan Madrasah Tsanawiyah dua jus serta tamatan Madrasah Aliyah paling tidak tiga jus,” bebernya. ”Nah ini yang bisa kita kembangkan ke depan,” timpalnya demikian. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here