Fakultas Kelautan Gagas I’m Blue agar Bebas Sampah

0
625
PRESENTASI: Mahasiswa Fakultas Kelautan UMRAH presentasi I'm Blue di depan masyarakat. f-yoan/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sekelompok mahasiswa dari Fakultas Kelautan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mendapatkan bantuan senilai Rp 6 juta dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) terkait metode dan gagasan solusi bebas sampah untuk wilayah pesisir yang diberinama I’m Blue.

Hal tersebut disampaikan penggagas I’m Blue UMRAH, Satro kepada Tanjungpinag Pos beberapa waktu lalu. Dia menyatakan rencana tersebut sudah mendapatkan dukungan penuh dari pusat dengan meloloskan pengajuan proposal dalam melaksanakan kegiatan.

Jumlah proposal yang diajukan pada tahap awal ini tidak besar, hanya sekitar Rp 11 juta. Serta yang disetujui dibantu senilai Rp 6 juta.

”Kami terima bantuan senilai Rp 6 juta. Dengan demikian kami akan segera mengimplementasikan gagasan I’m Blue ini,” kata sang penggagas yang masih duduk di smester IV ini.

Konsep yang digagas juga sederhana, yakni menerapkan pola buang sampah di tong sampah kepada masyatakat daerah Kampung Bugis dengan memberikan reward atau penghargaan.

”Jadi nanti di setiap rumah kita sediaan tong sampah. Kami mengharpkan masyarakat tidak lagi buang sampah ke laut. Ini akan dinilai dengan melakukan pemantaun. Lingkungan yang tak membuang sampah ke laut akan diberikan penghargaan,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan daerah yang bersih memang tak mudah. Butuh proses, untuk itu dilakukan secara berkala di mulai dari Kampung Bugis, Senggarang.

Dosen Fakultas Kelautan UMRAH, Fitri menuturkan, kelompok mahasiswa sengaja memilih Kampung Bugis sebagai wilayah percontohan sebab sesuai dengan karekteristik wilayah yang perlu diubah.

Ia berharap dengan adanya pola membiasakan membuang sampah pada tempatnya, membuat lingkungan Kampung Bugis apakah itu pesisir maupun wilayah daratannya bersih dari sampah.

Ini merupakan gerakan kecil namun akan berdampak luas dan sangat baik untuk masyarakat.

”Kami sedang lakukan percobaan semoga menjadi langkah baik,” imbuhnya. (cr33)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here