Fantastis! Bikin Pustaka Senilai Rp 13 M

0
961
JUARA PERTAMA: Rima pengelola perpustakaan Cahaya Desa asal Desa Toapaya menerima hadiah pemenang pertama lomba perpustakaan desa se-Kepri. F-ISTIMEWA

Bintan Juara Pengelolaan Pustaka Se-Kepri

BINTAN – FANTASTIS! Pemkab Bintan akan membangun gedung pintar atau perpustakaan daerah yang wah, dengan dana sekitar Rp 13 miliar. Pustaka daerah ini dibangun, agar anak-anak dan masyarakat Bintan pintar serta gemar membaca di perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Bintan Edi Pribadi menjelaskan, gedung pintar atau pustaka daerah Bintan yang dibangun dengan dana Rp 13 miliar itu, berukuran besar dan lengkap dengan sarana serta buku bacaannya. Lokasi pembangunan pustaka daerah ini berada di Kota Kijang, Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Bupati Buka Sosialisasi Transaksi Non-Tunai

”Kan, kita belum ada punya pustaka daerah. Ini satu kemajuan, kalau sudah dibangun pustaka daerah. Apalagi ukurannya besar dan lengkap. Pembangunannya tahun anggaran 2017 ini,” ujar Edi Pribadi, usai menerima laporan hasil lomba perpustakaan desa dan lomba cerita se-Provinsi Kepri, Selasa (11/7) kemarin.

Pustaka daerah Bintan yang dibangun nanti, jelas Edi Pribadi, diharapkan bisa menjadi rujukan bagi mahasiswa untuk mencari literatur skripsi, atau referensi tesis bagi calon magister. Namun yang terpenting, pustaka daerah itu menjadi tempat membaca bagi anak Bintan dan masyarakat umum.

Baca Juga :  STAIN-Sar Kepri Ikuti Ajang PIONIR-PTKIN

”Hal itu yang diinginkan Pak Bupati dan Pak Wabup Bintan,” tambahnya. Saat ini, di desa/kelurahan se-Bintan ada 30 perpustakaan yang dikelola masyarakat. Sedangkan di sekolah, ada sebanyak 28 pustaka ditambah 2 pustaka Pemkab Bintan. Selain itu, Pemkab Bintan juga memiliki perpustakaan terapung yang menggunakan kapal. Itu membuktikan minat membaca masyarakat Bintan cukup tinggi.

Tahun 2017 ini, Bintan menjadi juara pertama lomba pengelolaan perpustakaan desa tingkat Provinsi Kepri, yang diraih oleh Rima YS (ketua) dan Desriana (anggota) sebagai pengelola pustaka Cahaya Desa, dari Desa Toapaya. Kemudian, Bintan juga meraih juara harapan II untuk lomba perpustakaan SMAN, dari SMAN 1 Bintan Timur. Kemudian, Anjani Dwi Hayanti pelajar SDN 004 Bintan Utara sebagai juara II lomba bercerita se-Kepri.

Baca Juga :  Lagi, Bintan Terima Penghargaan Nasional

”Kita berharap minat baca di Bintan semakin tinggi, ke depannya. Apalagi, Pemkab Bintan akan membangun pustaka daerah senilai Rp 13 miliar itu,” tutup Edi Pribadi.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here