Fashida dan M Syahrizal Bersaing Jadi Dirut BUP

0
917
M Firmansyah

KARIMUN – Fashida Dharma Yudastoro dan M Syahrizal, bersaing untuk menduduki jabatan Direktur Utama Badan Usaha Pelabuhan (Dirut BUP) Kabupaten Karimun. Keduanya telah melewati tahapan Fit and Proper Test, yang dilaksankan pekan lalu tepatnya Kamis (23/11).

Ketua Tim Penguji Calon Dirut BUP M Firmansyah, yang juga Sekda Kabupaten Karimun mengatakan, uji kepatutan dan kelayakan merupakan syarat mutlak bagi kedua calon Dirut BUP.

”Calon Dirut BUP harus mampu melewati delapan penguji. Sementara, masing-masing penguji juga memberikan tes dengan cara tersendiri,” sebut M Firmansyah, kemarin.

Ha itu dilakukan, tidak lain untuk mendapatkan pemimpin dirut yang benar-benar memiliki kemampuan dalam memimpin perusahaan. Selain itu, calon dirut harus mampu menjalankan perusahaan.

Baca Juga :  Isdianto, Agus, Berhenti Dulu

Sehingga, calon yang mendai dirut nantinya mampu mengembangkan perusahan dan memberi keuntungan bagi BUP. Secara umum, kandidat calon Dirut BUP akan melalui tiga tes. Materi tes yang akan diuji yakni tes psikologi, wawancara dan uji kemampuan.

Namun, dari tiga materi ujian dibagi menjadi beberapa macam contohnya seperti tes intelektual yang meliputi tes kecerdasan, tes analisa sintesa, penilaian secara verbal dan nonverbal serta fleksibilitas diri.

”Tambahnya, ada juga tes kepribadian. Seperti tes stabilitas emosional. Hal itu dilakukan, karena calon dirut akan memimpinan di dalam perusahaan dan dalam menentukan keputusan,” sebut Firmansyah.

Baca Juga :  Dihantam Ombak Saat Tinjau Proyek

Ia menambahkan, calon dirut harus mampu memberikan motivasi dalam peningkatan kinerja dan hal itu juga diuji. Menurutnya, calon dirut harus bisa beradaptasi pada setiap persoalan yang terjadi di perusahaan

”Untuk itu, tim penguji termasuk akan memberikan penilaian terhadap kedua calon nantinya apakah layak atau tidak menduduki jabatan Dirut BUP,” kata dia.

Penilaian yang dilakukan sangat ketat, serta tanpa ada tolerir. Sebab, calon harus mampu memajukan perusahaan ke depannya. Sehingga, dibutuhkan pemimpin yang benar-benar serius dalam menjalani peran jabatan tersebut.

Sebelumnya, jabatan tersebut diduduki Indrawan Susanto yang beberapa waktu lalu meninggal dunia Setelah itu, Sensissiana selaku Asisten II Pemkab Karimun ditunjuk menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) untuk memimpin kekosongan jabatan waktu itu.

Baca Juga :  Tarif Bagasi Berbeda Sesuai Jarak

Untuk mengisi kekosongan jabatan Dirut BUP, Komisi II DPRD Karimun Yusuf Sirat menegaskan, agar yang terpilih nantinya harus mampu memaksimalkan BUP Karimun di tingkat nasional. Sebab, di Provinsi Kepri hanya BUP Karimun sebagai perusahaan yang mempunyai izin resmi pengelolaan pelabuhan.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here