Fasilitas Puskesmas Masih Memprihatinkan

0
484
Puskesmas: Puskesmas Tarempa masih kekurangan tenaga medis. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas tak punya ruangan Unit Gawat Darurat (UGD).

Selain itu, dua puskesmas di dua kecamatan ini juga tidak punya ruang khusus untuk persalinan.

Hal itu diakui oleh kepala Puskesmas Ahmad Budi Utomo kepada Tanjungpinang Pos ketika ditemui, Selasa (7/2).

”Dari dulu Kita memang belum memiliki ruang UGD sejak kita masih masuk Kabupaten Kepulauan Riau dahulu,” ungkap sebutnya.

Menurutnya, setiap dalam pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan sudah diajukan pembangunan UGD dan ruang persalinan. Namun, itu hanya sampai di Musrenbang saya dan belum terealisasi hingga kini.

Ia berharap, usulan yang disampaikan di Musrenbang kecamatan tahun 2017 ke depannya bisa direalisasikan pelaksanaan pekerjaannya.

”Kita perlu bangunan yang akan kita gunakan untuk ruang khusus persalinan. Sementara bentuk bangunan yang ada saat ini dibangun ketika Anambas belum dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Riau,” ucapnya.

Selain butuh UGD, dua puskesmas ini juga sangat memerlukan ruang khusus persalinan. Sejauh ini pihaknya telah mengalih fungsikan ruangan lain untuk dijadikan ruang khusus persalinan.

Namun, ruangan tersebut sudah rusak bagian atapnya. Plafonnya sudah banyak yang berlubang. Bahkan atapnya sudah bocor hingga ruangan selalu basah saat hujan. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here