Faslabuh TNI AL Siap Beroperasi

0
304
PANGKOARMADA I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono saat menjelaskan fasilitas Labuh untuk armada kapal perang TNI AL (KRI) di Selat Lampa. F-ISTIMEWA

NATUNA – Panglima Komando Armada Satu (Pangkoarmada I ) Laksamana Muda TNI Yudo Margono memastikan, pembangunan Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) TNI AL di Selat Lampa sudah rampung dibangun.

Kunjungannya ke Fasilitas Labuh (Faslabuh) itu didampingi Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyanto, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan dan sejumlah perwira TNI lainnya.

”Pembangunan ini sudah siap dibangun, tinggal diresmikan saja nanti oleh Panglima TNI,” tegas Laksda Yudo di Selat Lampa, Sabtu (27/10).

Ia menjelaskan, kapal Angkatan Laut dan kapal perang KRI sudah bisa bersandar di Faslabuh itu.

Kapal-kapal perang akan mendapat dukungan perlengkapan, dan kebutuhan kapal selama beroperasi menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman negara asing di perairan Natuna Utara dan sekitarnya.

”Faslabuh ini bisa menampung satuan tugas hingga 10 KRI, serta nantinya dapat melayani segala kebutuhan yang diperlukan KRI. ” paparnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan Faslabuh TNI AL di Selat Lampa itu juga terdapat fasilitas labuh kapal selam dan fasilitas pendaratan kendaraan tempur seperti tank dan alutsista TNI AL lainnya.

”Semua perangkat yang ada di sini sudah benar-benar rampung. Tinggal pelaksanaan prosesi peresmiannya saja,” ujarnya.

Pada kunjungannya ke Natuna, Laksda TNI Yudo meninjau sejumlah fasilitas TNI AL di Natuna sperti Mako Lanal Ranai, Faslabuh Selat Lampa dan Posal Sabangwang, Kecamatan Pulau Tiga.

Ia juga memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit TNI AL, dan keluraga besar Jalasenastri Armada I serta meninjau kantor Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I.

Dengan adanya fasilitas pelabuhan untuk kapal KRI tentunya, akan semakin memperlancar dan memudahkan para awak kapal untuk mengisi ulang akomodasi untuk patroli berhari-hari di lautan.

Sekaligus, semakin memperketat penjagaan alur laut dari para pencuri ikan dan gangguan lainnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here