FBK 2017 Harus Spektakuler

0
864
BERPACU: Peserta lomba perahu layar berpacu dalam perhelatan Festival Bahari Kepri 2016 di Tepilaut Tanjungpinang . f-suhardi/tanjungpinang pos

Digelar 3-22 Oktober 2017

Sukses menggelar Festival Bahari Kepri (FBK) tahun 2016, tahun ini Pemprov Kepri kembali menggelar FBK Jilid II. Event tahun ini harus lebih spektakuler dan digelar, mulai 13-22 Oktober mendatang.

TANJUNGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun sudah mengingatkan panitia untuk merancang FBK Jilid II lebih meriah, lebih ramai dan spektakuler.

”Momen festival ini, tentunya harus kita kemas dan kita poles bagus-bagus untuk menampilkan budaya bahari yang tentunya spektakuler juga dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Nurdin, kemarin.

Untuk itu, Gubernur mengajak partisipasi dan dukungan sepenuhnya masyarakat Kepri. Apalagi saat ini, Kepri tengah mendorong sektor wisata bahari terus ditingkatkan.

Sebagai pejabat nomor satu di Kepri, Nurdin mengajak pemerintah daerah, khususnya Pemko Tanjungpinang untuk sungguh-sungguh menyukseskan gelaran Festival Bahari Kepri yang kedua tahun ini. ”Kalau bisa harus meningkat dari tahun ke tahun. Harus jauh lebih meriah dari tahun lalu,” tegas Nurdin.

Mantan bupati dua periode di Kabupaten Karimun tersebut menambahkan, bahwa kesuksesan FBK tahun lalu, tentu sangat berefek tidak hanya pada masyarakat Kepri di wilayah Tanjungpinang, melainkan para wisatawan asing dari Tiongkok, Singapura, Malaysia, serta negara asing lainnya yang sering berkunjung ke Kepri masih menjadikan FBK ini wisata unggulan yang sudah lama di tunggu-tunggu.

”Kita ketahui Oktober ini adalah waktunya. Maka manfaatkan lah momennya. Masyarakat lokal juga jangan hanya berdiam diri di rumah, mari turut serta dan ramaikan,” ajak Nurdin.

Kadis Pariwisata Kepri Buralimar menuturkan, kesiapan menyambut FBK Kepri Jilid II tahun 2017 ini terus dikoordinasikan dengan tim penyelenggara.

Koordinasi terus dibangun, antarpemerintah provinsi dengan Pemko Tanjungpinang, pihak swasta, pengusaha, FKPD serta media partner yang turut serta berkomitmen menyukseskan gelaran festival yang biasa di laksanakan hampir satu bulan penuh di Oktober ini.

Baca Juga :  Triliunan Hasil Laut Mengendap

Buralimar menceritakan, khusus perayaan FBK yang rencananya mulai tanggal 12 Oktober di Tepilaut, hingga Gedung Daerah Tanjungpinang harus tetap steril.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan acara lebih banyak di Tepilaut. Hanya saja, beberapa lokasi seperti Sungai Carang Batu 8 juga tetap digunakan sebagai lokasi Festival Dragon Boat.

Festival Dragon Boat, menurutnya masih satu rangkaian dengan FBK. Kemudian lokasi pelataran Gedung Daerah akan semakin di perluas mulai dari panggung, hal itu dalam rangka mendukung kesuksesan FBK Jilid II ini.

”Kalau hari ini HUT Kepri ditutup dengan Rossa, di akhir perayaan FBK kita harapkan jauh lebih meriah dengan kedatangan Grupband Wali,” tegasnya di Gedung Daerah.

Buralimar tetap optimis, gelaran FBK Jilid II ini mampu menyedot setidaknya ribuan wisatawan antarprovinsi Indonesia, wisatawan asing luar negeri berkunjung ke Kepri.

Festival Bahari Kepri Tahun 2017 sendiri merupakan bagian dari rangkaian event nasional yang mana Kepulauan Riau sudah ditetapkan menjadi bagian dari jalur Sail Sabang 2017.

Event sendiri direncanakan berlangsung pada 13-22 Oktober mendatang dengan menggelar berbagai macam acara seperti Eco Heroes, Tanjungpinang Dragon Boat Race, Pentas Seni, Bazar Buku dan Makanan, Bazar PKK, Pameran Foto, Atraksi Seni, Pawai Budaya dan Parade Mobil Hias.

Kegiatan selanjutnya adalah Kepri Expo, Festival Sungai carang, Kepri Carnival, Cullinary Fiesta, Traditional Games dan Eksibisi Sepeda (70 pesepeda asal Singapura akan mengelilingi rute Tanjungpinang-Pulau Dompak-Kijang). Kemudian event nasional yakni Sail Sabang juga Sail to Bintan.

Baca Juga :  Pemprov Cuek Soal Dana Reklamasi

Mengingat momen FBK ini, selain akan melibatkan tiga kabupaten dan kota lainnya di Kepri, untuk melaksanakan rangkaian acara, tentunya pelaksanaan acaranya juga tidak boleh dilewatkan masyarakat. ”Karena pak gubernur punya prinsip, setiap yang kita buat harus bersama masyarakat,” bebernya demikian.

Rapat Persiapan FBK Digelar
Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah memimpin Rapat Persiapan Festival Bahari Kepri Tahun 2017 bertempat di Rupatama Lt.4 Kantor Gubernur, Dompak, Istana Kota Piring, Tanjungpinang, akhir pekan lalu.

Pada rapat awal penetapan panitia penyelenggara ini, Sekda meminta kesiapan dari panitia yang telah ditunjuk dalam SK Gubernur untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing dengan mengutamakan koordinasi dan kebersamaan.

”Kita diskusikan disini mana yang kurang yang harus dimasukkan di dalam SK Gubernur. Untuk itu kita perlu dukungan dan kerja sama semua pihak instansi yang terkait dalam mensukseskan event ini. Apalagi event ini bertaraf internasional. Pengalaman kita di tahun sebelumnya menjadi acuan untuk sukses dan lebih baik penyelenggaraannya tahun ini,” ujar Arif.

Arif ingin Kepri dapat menonjolkan potensi wisatanya maka pada event Festival Bahari Kepri Tahun 2017 inilah dirasa cocok menjadi bagian dari pelecut dalam meningkatkan potensi wisatanya.

”Ini merupakan program nasional dan daerah dituntut untuk mensinergikannya, tujuannya adalah untuk menyerap sebanyak mungkin wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Tahun lalu kita bagus sudah mendapatkan penghargaan Muri,” lanjut Sekda.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri, Buralimar meminta kepada seluruh panitia yang tergabung baik dari Pemerintah Provinsi, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, FKPD dan instansi vertikal lainnya agar dapat merapatkan barisan, sehingga penyelenggaraan event ini dapat berjalan lancar seperti tahun lalu.

Baca Juga :  Pacu Ekonomi Lewat Hang Nadim

Dengan visi untuk mewujudkan Kepri sebagai Gerbang Wisata Bahari Utama, maka event ini harus dipertahankan menjadi ikon tahunan daerah.

”Karena kita akan kedatangan Menteri Pariwisata RI dan akan diusahakan Wakil Presiden atau Menko untuk dapat hadir juga. Maka untuk kesempurnaan rangkaian perencanaan acara jika ada saran dan masukan silahkan disampaikan karena itu akan kita tampung dan dijadikan bahan pertimbangan,” ujar Buralimar.

Kadis Pariwisata Bintan, Luki Zaiman dalam laporannya terakhir mengatakan, Event Festival Wisata Bahari Kepri 2017, Bintan ikut memasukkan event-nya yakni Sail To Bintan.

Ia pun menyatakan kesiapannya dalam Sail To Bintan. Ada beberapa kegiatan yang sudah disusun selama event tersebut berlangsung pada 19-22 Oktober mendatang seperti Traditional Performance, Release Baby Sea Turtles, Mangrove Tour, City Tour, White Sand Island Tour, Swimming dan Canoeing serta Traditional Jong Race.

Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang yang hadir pada rapat persiapan ini mengatakan kesiapannya juga dalam mendukung suksesnya Festival Bahari Kepri ini.

Dengan Dragon Boat Race (DBR)-nya, Tanjungpinang ingin event ini bukan hanya menjadi ajang tahunan namun juga bisa menyerap sebanyak mungkin wisatawan serta mengenalkan budaya di Kepulauan Riau.

DBR sendiri akan diselenggarakan pada 20-22 Oktober 2017 mendatang dab direncanakan akan mengundang sebanyak 61 peserta baik dari dalam daerah, nasional juga peserta internasional dengan total hadiah sebesar Rp 148 juta akan dilombakan dua kategori yakni lomba perahu naga dan lomba kayak kano. (MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here