Februari, Kunjungan Wisman Turun 60 Persen Lebih

0
155
SUASANA antrean penumpang saat pengecekan paspor di pelabuhan BBT Lagoi, beberapa waktu lalu.

BINTAN – Jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu masuk Lagoi merosot tajam, per Januari hingga Februari 2020. Jumlah kunjungan wisman turun lebih dari 60 persen.

Oddy Permana, Kepala Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjunguban yang dikonfirmasi mengatakan, jumlah kedatangan wisman melalui Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi memberikan angka kunjungan yang turun signifikan, selama periode Januari dan Februari 2020. Ini disebabkan imbas coronavirus di dunia.

”Untuk data Imigrasi Kelas II TPI Tanjunguban, sebanyak 1.070 WNI yang masuk dan 915 orang berangkat. Kemudian untuk WNA, sebanyak 44.906 orang datang dan 48.946 berangkat. Ini data per Januari,” jelasnya, Rabu (11/3).

Baca Juga :  Maksimalkan Kewaspadaan Dini, FKDM Sosialisasi di Bintan

Kemudian, lanjutnya, untuk bulan Februari, jumlah kedatangan WNI sebanyak 464 orang, dan keberangkatan sebanyak 445 orang. Untuk kedatangan WNA sebanyak 18.203 orang, dan keberangkatan sebanyak 18.551 orang.

”Dibandingkan data dua bulan tadi, untuk kunjungan WNI menurun sebanyak 50 persen dan WNA persentasenya lebih dari 62 persen,” jelasnya.

Untuk penurunan jumlah penumpang tersebut disebabkan oleh coronavirus yang melanda dunia. Apalagi 3 negara yang menyumbang wisman terbanyak ke Lagoi didominasi oleh Singapura, Malaysia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Untuk kedatangan wisman dari 3 negara tersebut turun drastis. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here