Februari, Stadion Dompak Dibangun

0
1121
STADION: Kepala Dispora Kepri Maifrizon dan Kabid Sarpras Bambang Suwastiyo bersama tim konsultan pembangunan stadion Dompak Kepri, melakukan studi banding ke stadion Pakansari Cibinong, Bogor, belum lama ini.f-istimewa/dispora kepri

Kualitas Rumput Saingi Lapangan Pakansari

TANJUNGPINANG – GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun benar-benar ingin merealisasikan pembangunan stadion Dompak, sebelum akhir tahun 2018 ini. Justru itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri akan memulai pembangunan stadion Dompak, pada Februari ini.

Kepala Dispora Kepri Maifrizon melalui Kabid Sarana dan Prasarana Bambang Suwastiyo menjelaskan, pembangunan tahap I stadion Dompak dimulai tahun 2018 ini. Akhri 2017 lalu, tim Dispora Kepri sudah melakukan studi banding, untuk membangunan stadion Dompak ini. Studi banding dilakuka di stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

”Stadion Pakansari, saat ini terbaik kedua di Indonesia, setelah GBK di Senayan. Wajar dong stadion Pakansari ini, kita jadikan pedoman untuk membangun stadion Dompak, di Kepri,” kata Bambang Suwastiyo di ruang kerjanya, Rabu (3/1) kemarin.

Baca Juga :  Arab Saudi dan Mesir Tersingkir

Selain memiliki tribun megah dan besar, Bambang Suwastiyo mengungkapkan, stadion Pakansari memiliki rumput lapangan sepak bola, dan lintasan atletik berkualitas nomor satu serta berstandar internasional. Rumput lapangan sepak bola yang digunakan yaitu jenis bermuda. Keunggulannya, aliran bola tidak tersendat, mudah tumbuh dan berkualitas untuk olahraga seperti sepak bola.

”Rumput bermuda ini pula yang kita gunakan, saat membangun stadion Dompak nanti. Untuk kualitas rumputnya, stadion Dompak akan menyaingi di lapangan stadion Pakansari,” jelas Bambang.

Untuk teknis pembangunan lapangan stadion Dompak, lanjut Bambang, sama dengan lapangan stadion Pakansari itu. Untuk menghindari genangan air, lanjutnya, lapangan sepak bola stadion Dompak akan dibangun dengan teknologi drainase di bawah lapangan. Ketika hujan, air meresap ke dalam tanah, kemudian ditampung drainase, dan dialirkan ke bak penampungan khusus di luar lapangan. Sehingga, lapangan tidak pernah banjir atau tergenang air.

Baca Juga :  Shark FC Nyaris Kalah

Selain itu, dari lapangan sepak bola utama, akan ditanami rumput dengan jarak 5 meter dari sisi samping kanan, kiri, atas dan bawah. Rumput terluar sejarak 5 meter ini, sebagai pembatas dengan lintasan atletik yang mengelilingi lapangan sepak bola.

”Nah, lintasan atletik ini yang paling mahal biayanya. Karena berbahan sintetis yang mudah terbakar itu. Harganya, antara Rp 12 miliar sampai dengan Rp 13 miliar,” sebut Bambang Suwastiyo.

Untuk tahun anggaran 2018 ini, Bambang Suwastiyo mengungkapkan, Pemprov Kepri melalui Dispora sudah menyediakan dana sekitar Rp 18 miliar, untuk pembangunan tahap pertama stadion Dompak. Kegiatan yang dilakukan Dispora Kepri antara lain pembebasan lahan, pembangunan drainase, lapangan sepak bola, penanaman rumput lapangan, pembangunan lintasan atletik dan pagar. Lahan yang disediakan 8 hektare, untuk lapangan serta area parkir dan taman (landscape).

Baca Juga :  Pengurus PSTS Segera Dikukuhkan

”Pak Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, inginnya akhir tahun 2018 ini, stadion sudah bisa digunakan. Makanya kita mulai pembangunan Februari ini. Untuk lelang kegiatan, terbuka kepada siapa saja,” demikian dipaparkan Bambang Suwastiyo.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here