Fenomena Gojek di Tanjungpinang

0
1192
Muhammad Harris Suhadi

Oleh: Muhammad Harris Suhadi
Mahasiswa Stisipol Raja Haji

Pada dasarnya, teknologi merupakan sarana yang digunakan oleh manusia untuk menciptakan berbagai hal baru yang nantinya dapat memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Teknologi sendiri sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Semakin hari jumlah populasi manusia semakin banyak. Kurangnya lapangan pekerjaan membuat meningkatnya angka pengangguran setiap tahunya. Sebenarnya banyak alasan orang untuk menjadi driver ojek online, entah itu karena kebutuhan ekonomi maupun untuk mencari pengalaman baru. Tapi pasti kebanyakan karena kebutuhan ekonomi, ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadikan pekerjaan ojek online sebagai alternatif pekerjaan sebagian besar orang indonesia.

Sebenarnya jika kita semua mau berpikiran terbuka, banyak sekali hidup orang yang tertolong dari teknologi ojek online ini. Selain praktis, bisa dijemput dan diantar kemana saja (tidak seperti transportasi umum yang mungkin harus jalan dulu untuk mendapatkan aksesnya), puluhan ribu atau mungkin ratusan bahkan jutaan pengangguran di indonesia dapat bekerja di aplikasi ini. Nafkah halal yang mereka cari untuk kebutuhan hidup, keluarga, kuliah, dll, semoga menjadi berkah.

Nah balik lagi ke topik awal, Aplikasi yang jadi fenomena di Tanjungpinang saat ini, bahkan seluruh Indonesia di media online yaitu gojek. Aplikasi buatan anak bangsa ini terbilang sangat sukses mendominasi Indonesia, dengan layanan lengkapnya seperti go-food, go-send, go-pay dll. Menurut beberapa sumber yang Mediasura temui Go-Jek tarifnya relatif lebih mahal sedikit, mungkin marginnya 500-2000 rupiah ya dengan aplikasi lain. Tapi, hal itu diimbangi dengan pelayananya yang cepat dari aplikasi lainya. Aplikasi ini terbukti banyaknya peminat yang mulai menggunakan aplikasi gojek online, dengan cara cukup mendaftarkan diri.

GO-JEK merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, GO-JEK telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android.[4] Saat ini juga ada untuk iOS, di App Store.

Di awal bulan Mei 2018 ini Perusahaan GO-JEK mulai mengembangkan sayapnya ke Ibukota Provinsi Kepri “Tanjungpinang” sebelumnya Perusahaan ini sudah terlebih dahulu masuk di Kota Batam, di tanjungpinang memang baru beberapa pekan ini GO-JEK ber oprasi akan tetapi antusiasme yang tinggi dari para ojek pengkolan yang mulai beramai-ramai mendaftarkan diri menjadi salah satu driver GO-JEK di Tanjungpinang.

Persaingan antar aplikasi Ojek Online sekarang semakin marak. Tapi yang paling terlihat memanas adalah duel sang pionir Ojek Online. Baru-baru ini Gojek mengumkan bahwa layanannya sekarang dapat diakses di beberapa kota termasuk tanjungpinang.

Ada pun kelemahan di gojek online yang Belum bisa Full akses, di tanjungpinang Gojek baru tersedia empat layanan yaitu Go-Ride, Go-Send, Go-Food dan Shopping. Tarif flat Rp 10.000 berlaku untuk jarak tempuh maksimal 25 KM, termasuk layanan transportasi, pembelian makanan dan barang.

Kehadiran Gojek sangat ditunggu oleh masyarakat di berbagi kota, termasuk di tanjungpinang. karena terbukti Gojek sangat meringankan kehidupan sehari-hari masyarakat dimana Gojek telah hadir memberikan pelayanannya didalam bidang jasa.

Semakin meningkatnya permintaan layanan transportasi online di Indonesia membuat GO-JEK terus berusaha memperluas jaringan layanan. Kini layanan GO-JEK telah hadir di 36 kota di Indonesia termasuk Tanjungpinang.

Adapun beberapa harapan untuk driver go jek online kedepannya agar lebih banyak memenuhi kebutuhan pelayanan public di masyarakat yang semakin hari semakin banyak yang mulai banyak memakai jasa go jek, bahkan ada juga masyarakat yang sering menggunakan aplikasi go food di karnakan adanya aplikasi yang semakin maju dan berkembang ini . ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here