Festival Kue Semprong Sukses

0
638
Salah satu peserta saat membuat kue semprong, Sabtu (7/7). f-ist/humas dinas Pariwista Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Festival kue semprong yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang di Pelantar Mutiara II Potong Lembu, Sabtu (7/7) sukses dan cukup meraih.

Kue semprong salah satu kuliner terkenal di Tanjungpinang, memiliki rasa manis dengan aroma bakar khas. Kue ini memang dimasak dengan cara dibakar menggunakan alat penjepit dari besi. Tidak semua orang bisa membuat kue semprong tersebut.

Pantuan Tanjungpinang Pos, cara pembuatan seprong kelihatan sulit, dibutuhkan skil. Bahannya, telur dikocok kemudian dicampur dengan gula, masukkan tepung beras dan tepung tapioka. Adonan ini kemudian diaduk sampai merata, diseduh dengan air santan sampai merata dan mengental. Masukkan ke dalam cetakan, dibakar sampai matang, dan digulung.

Baca Juga :  Ratusan Penumpang Terlantar

Kue semprong ini biasanya sebagai makanan kecil untuk dihidangkan saat ada tamu. Kue ini bisa tahan lama karena merupakan kue kering. Festival kemarin, ada dua kategori yang diperlombakan. Mulai, kategori kue semprong tradisional dan kreasi.

Juri kategori kreasi, yakni Kartika Sari (Citra Sari) Sardiman (Chef Comforta Hotel) dan Jimy Ramli Robot (Chef Aston Hotel). Juri kue semprong tradisional Herlina, Heppy dan Hellen. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah dari panitia. Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Raja Kholidin, mengatakan event pertama kalinya digelar ini, diharapkan bisa menjadi agenda tahunan dan bisa mendatangkan rutis ke depanya. Ia berharap, kue semprong bisa menjadi oleh-oleh untuk turis mancanegara maupun wisata nusantara yang berkunjung ke Tanjungpinang.”Kita juga ingin kalau ada kegiatan pemerintahan, kue semprong salah satu menu yang di sajikan,” harapnya.

Baca Juga :  Kejati Segera Limpahkan Berkas Perkara Tersangka Nasihan ke Pengadilan

Ke depanya, festival kue semprong, berharap agar di gelar di tingkat kelurahan. Ia juga berharap agar ada festival kue semprong tingkat provinsi Kepri, jadi pemenang tingkat kota bisa bertanding di tingkat provinsi. ”Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari pariwisata. Salah satu yang sedang dibangun adalah membentuk tim percepatan pembangunan pariwisata Tanjungpinang,” bebernya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Fengky Fesinto yang hadir di pembukaan dan penutupan mengatakan, event ini harus berlanjut jadi agenda tahunan. Ia juga berharap, festival kue semprong eventnya di perluas hingga ke tingkat kelurahan. Dan, ia juga minta agar pemerintah terus meningkatkan pariwisata di Tanjungpinang. Karena, perkembangan pariwisata di Kepri terus berkembang, terutama daerah tetangga Bintan dan Batam. ”Kita ingin turis yang masuk ke Batam dan Bintan, juga bisa ke Tanjungpinang. Ini tugas kita bersama-sama,” tegasnya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here