Festival Lampu Cangkok di Bintan Dimulai

0
1077
BINTAN-03 - Warga Pengudang melihat gapura dengan lampu cangkok, Sabtu malam lalu.f-0istIMEWA/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Festival lampu cangkok se-Kabupaten Bintan telah dimulai, Sabtu (2/6) malam lalu. Bupati Bintan H Apri Sujadi langsung melakukan peninjauan awal, bersama Kepala Dinas PMD Ronny Kartika, dan sejumlah pimpinan OPD, usai memperingati Nuzul Quran, di Teluksasah.

Bupati Bintan H Apri Sujadi meninjau di beberapa desa dan perkampungan, untuk melihat suasana menarik dari lampu cangkok yang dipasang masyarakat, di sepanjang jalan Kabupaten Bintan.Tahun ini Pemkab Bintan menyediakan total hadiah festival lampu cangkok sebesar Rp 37 juta. festival dimulai 2 Juni (17 Ramadan) sampai malam akhir Ramadan 1439 hijriah. Penilaian berdasarkan aspek bangunan, aspek keamanan serta aspek estetika yang memberikan pesan dan kesan.

Baca Juga :  Pemuda Kampung Kamboja Menggalakkan Germas

”Festival ini untuk melestarikan tradisi khas Melayu kita,” kata H Apri Sujadi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ronny Kartika mengungkapkan, Juara 1 akan memperoleh bantuan sebesar Rp 10 juta, juara 2 sebesar Rp 7 juta dan juara ketiga sebesar Rp 5 juta. Kemudian, harapan pertama Rp 3 juta, harapan kedua Rp 2,5 juta, harapan ketiga Rp 2 juta, harapan keempat Rp 1,5 juta. Sedangkan 6 pemenang hiburan diberikan uang pembinaan masing-masing Rp 1 juta. Seluruh peserta akan diberikan uang pembinaan.

Antusias
Pemerintah desa dan remaja masjid se-Kabupaten Bintan antusias mengikuti lomba festival lampu cangkok ini. Seperti yang dilakukan remaja Masjid Miftahul Amin di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong. Remaja di desa ini membuat gapura dengan miniatur masjid.

Baca Juga :  Pelabuhan Domestik Kijang Diajukan ke Provinsi

Ketua Remaja Masjid setempat Agus Suprianto mengatakan, pembangunan gapura masjid dengan lampu cangkok ini dilaksanakan atas kerja sama Karang Taruna Pengudang, dan Panitia Hari Besar Islam Desa Pengudang. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here