Festival Moon Cake Didorong Masuk Kalender Kemenpar RI

0
66
Bobby Jayanto

TANJUNGPINANG – Tokoh masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang berharap festival Moon Cake masuk dalam celender of event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, pada tahun mendatang

Saat ini sudah masuk kelender event di tingkat Kota Tanjungpinang dan tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Ke depan hendaknya masuk dalam kelender Kemenpar RI

Harapan tersebut disampaikan tokoh masyarakat Tionghoa Bobby Jayanto, kemarin.

”Kita berharap festival Moon Cake bisa masuk dalam CoE Kemenpar RI agar kegitan ini lebih meriah sekaligus meningkatkan kunjungan wisman,” ujar Bobby Jayanto

Permintaan tersebut diamini oleh Wakil Ketua Tim Pengembangan Destinasi Wisata Kemenpar RI yang hadir di Tanjungpinang.

”Kita akan mengusulkan ke Kemenpar RI keinginan masyarakat Tionghoa ini,” kata Tendi Nuralam, PHd, Wakil Ketua Tim Pengembangan Destinasi Kemenpar RI.

Kata dia, pantas dan wajar jika festival Moon Cake masuk kelender wisata Kemenpar RI. Apalagi dukungan dari Pemko Tanjungpinang dan Pemprov K epri sangat jelas.

Menurut Tendi, festival tersebut di Tanjungpinang punya keunikan dari festival Moon Cake di daerah lain di Indonesia. Di Tanjungpinang acaranya dipadukan antara etnis Melayu dan Tionghoa. Di daerah lain, Moon Cake ini murni diisi oleh keturunan Tionghoa.

Sementara itu, Kepala Dinas Parirwisata (Kadispar) Kepri, Buralimar menyambut baik MCF masuk kelender event kemenpar RI. Kaksu dah masuk, promosinya bakal lebih luas lagi. Menurut Buralimar, festival Moon Cake di Tanjungpinang nuansanya beda dengan di Kab/Kota lainnya di provinsi Kepri yang menggelar acara serupa.

Di Tanjungpinang lebih meriah karena didukung oleh masyarakat dan Pemko serta Pemprov Kepri. Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Tanjungpinang, Raja Kholidin berharap Moon Cake bisa masuk dalam 100 Celender of Event (CoE) Kemenpar RI.

Untuk itu dia minta seluruh masyarakat terutama dari etnis Tionghoa memberikan dukungan terhadap kegiatan ini dimada yang akan datang. Menurut dia, saat ini di Tanjungpinang baru Festival Pulau Penyengat dan Festival Bahari Kepri yang masuk dalam 100 CoE Kemenpar RI. ”Ke depan kita berharap Festival Imlek dan Moon Cake masuk CoE. Itu harapan kita semua,” kata Raja Kholidin. (bas) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here