Fiesta Haifa!

0
341
CINDAI Haifa

INILAH kisah melankoli seorang Jake Barnes. Jurnalis paruh waktu di sebuah majalah yang mencintai tinju yang menyukai adu banteng. Corrida de toros sudah lama menyita perhatiannya. Ia berkelana dari Prancis menuju Spanyol hanya untuk melihat tradisi purba ini.

“Sebuah potret cerita yang asyik sekaligus melankolis sekaligus manis sekaligus getir,” ungkapmu.

Apa yang tidak bisa di tangan seorang empu cerita macam Papa Hemingway, Haifa? Nyaris tidak ada. Dari pengamatan dan pengolahan dan keterampilannya, kita jadi punya sebuah novel adikarya ini. Bagi Hemingway, maskulinitas dalam adu banteng itu adalah perpaduan rumit antara seni, jalan hidup, kekejaman, mata pencaharian, dan juga urusan bisnis.

“A la Hemingway yang tiada tara,” katamu.

Tepat sekali. Haifa, bahkan dalam sebuah halaman novel epik ini, ada satu kutipan yang ingin kubagikan padamu. Dengan harapan, setelah mendengarnya, kamu akan tahu perbedaan waktu saja bisa membuat perbedaan nyata bagi anak manusia ketika hendak mengambil keputusan paling penting dalam hidupnya.

“Apa itu?”

Kata Hemingway, “Mudah sekali untuk tegar menghadapi segala sesuatu pada siang hari, tetapi pada malam hari segalanya berbeda.”

Sebab itu, jangan pernah datang ke Fiesta jikalau sedang ada seteru padamu atau dalam dirimu. Sungguh mendatangi perayaan atau festival atau fiesta itu adalah urusan merayakan dan jika tidak ada hal yang perlu diganjar sebuah pesta, untuk apa datang ke fiesta?

Lagi pula, kamu Haifa dan bukan Lady Brett Ashley. Tapi mulai sekarang, kenalilah sosialita nomor wahid di hidup Jake ini. Potret gadis romantis yang menolak takluk pada stigma dan segala yang mengekang. Bebas dalam keteraturan. Lentur dalam kekakuan.

Kata Brett, ada orang-orang tertentu yang kita tidak akan tega menghinanya. Hinaan itu akan membuatmu merasa bahwa dunia akan hancur, akan benar-benar dihancurkan di depan matamu, bila kamu mengatakan hal-hal tertentu.***

Nama : Haifa Nabila Oktaviani
TTL : Tanjungpinang, 15 Oktober 1998
Alamat : Jalan RE Martadinata Km. 6
Pekerjaan : Mahasiswa
Hobi : Membaca, Jalan-jalan
Instagram : haifanabilaoktavianii
Buku Bacaan : Novel Fiesta Karya Ernest Hemingway

Foto : Sulaya
Narasi : Fatih Muftih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here