Fokus Bangun SD dan SMP

0
379
MENGAJAR: Salah satu guru SMP sedang mengajar beberapa siswa di ruang kelas. F-ADLY BARA HANANI/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu di tahun 2018 Pemko Tanjungpinang bisa fokus membenahi pendidikan di tingkat SD dan SMP. Sedangkan SMA sederajat beserta SLB menjadi kewenangan provinsi.

Ini sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 terkait Pemerintah Daerah. Dialihkannya kewenangan tersebut, disatu sisi mengutungkan Pemko Tanjungpinang. Kedepan tinggal fokus melakukan pembangunan di tinggkat SD dan SMP sederajat.

Mulai dari pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) maupun Unit Sekolah Baru (USB) ditambah dengan pertambahan prasaranya. ”Kita harapkan kedepan ada lagi tambahan RKB dan USB. Ini bisa saja di lobi dari anggaran pusat,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Untuk mendapatkan bantuan dari pusat, Pemko perlu mempersiapkan berkas yang diminta sesuai ketentuan. Hal inilah perlu fokus diselesaikan. ”Pemko kini benar-benar fokus ke SD dan SMP sederajat. Jadi kualitasnya bisa lebih baik lagi kedepan. Kita dukung pembangunan sarana dan prasaranya. Tapi lebih baik jika mampu melobi bantuan dari pusat,” ucapnya.

Seperti 2017 lalu, ada pembangunan SMPN 16 Tanjungpinang di kawasan Tanjungpinang Timur bersumber dari pusat. Begitu juga dengan beberapa SD di kawasan Tanjungpinang Kota.

Ia meyakini, kemajuan pendidikan akan lebih baik di tunjang fasilitas bagus, nyaman dan lengkap. ”Masih banyak ruang kelas yang butuh perhatian, mulai dari atas, kursi serta lainnya. Ini harus diselesaikan meski secara bertahap,” paparnya.

Untuk sekolah SMP sederajat menurutnya perlu dilengkapi dengan persediaan laboratorium, komputer dan lainnya. Ini harus memadai dan cukup agar kemampuan siswa lebih memadai.

Begitu juga dengan ketersediaan buku-buku, Pemko juga bisa menyediakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian, kemampuan antara siswa di sekolah yang satu dengan lainnya sama. Inilah yang diharapkan kedepan. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here