Fokus Pengolahan Bijih Bauksit

0
763
RAPAT: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun rapat membahas KEK Bintan di Jakarta , baru-baru ini. Nurdin meminta agar di Kepri ditetapkan KEK pariwisata. f-istimewa/humas pemprov kepri

Dewan Nasional Tetapkan Kegiatan KEK Galang Batang

Kegiatan utama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan ada tiga yakni, pembangunan dan pengelolaan kawasan, industri pengolahan bauksit, logistik dan penyedia infrastruktur kawasan.

JAKARTA – Hal ini ditetapkan saat rapat Pembahasan Bidang Usaha yang menjadi Kegiatan Utama KEK di Sekretariat Dewan Nasional KEK, di Jakarta, Kamis (23/11) pagi.

Rapat ini dipimpin langsung Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto. Hadir juga Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Wahyu Utomo dan Wakil Ketua III Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Budi Santoso.

Dewan Nasional KEK, melihat bahwa kawasan Galang Batang siap beroperasi. Ke depan, kegiatan utama di kawasan ini segera diputuskan dalam peraturan. Dari rapat itu, terdapat kesimpulan sementara tentang kegiatan utama di KEK Galang Batang.

”Semua investasi kegiatan utama akan mendapat tax holiday, di luar itu masih ada tax allowance,” kata Enoh tentang KEK Galang Batang. Pemerintah memenah berencana ingin membangun industri dasar dan turunan sehingga memperoleh tax holiday. Terutama untuk industri utama yang berbasis sumberdaya lokal.

Di kawasan Galang Batang, yang kegiatan utamanya adalah pengolahan bauksit, memang memungkinkan untuk hal itu. Apalagi kandungan bauksit di Pulau Bintan juga cukup tinggi.

Gubernur H Nurdin Basirun usai mengikuti rapat itu menyebutkan, KEK Galang Batang sudah sangat siap untuk kehadiran investasi. Kepada investor selalu diyakinkan bahwa banyak manfaat dan insentif didapat jika berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). ”Saya ini tukang jualan untuk mendatangkan investasi ke Kepri. Saya harus sampaikan banyak keunggulan jika berinvestasi di daerah kami,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin pihaknya selalu meyakinkan kepada investor bahwa insentif di KEK lebih banyak dan sangat menguntungkan. Apalagi, posisi KEK Galang Batang sangat bagus karena berada di jalur perdagangan dunia. ”Letak bagus, bahan baku tersedia, dan ini menunjukkan salah satu daya saing kita,” kata Nurdin.

Pemprov Kepri juga mengusulkan sejumlah daerah di Kepri agar ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus seperti Pulau Galang di Batam. Kemudian, diusulkan juga Natuna dan Anambas jadi KEK khusus pariwisata.

Pulau Asam Karimun salah satu KEK yang diusulkan Pemprov Kepri jadi KEK. Di pulau ini, sudah ada investor yang menyatakan siap menanamkan modalnya.(MARTUNAS-ADI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here