Fraksi Demokrat Minta Percepatan Pemekaran Kecamatan

0
240
Maskur Tilawahyu

TANJUNGPINANG – DPRD Kota Tanjungpinang telah mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPDM) Tanjungpinang, kemarin. Salah satu catatan dari fraksi Partai Demokrat adalah pemerintah harus membahas kembali wacana pemekaran Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Tanjung, Maskur Tilawahyu mengatakan, RPJMD sudah disahkan, kemarin. Demokrat memberikan catatan kepada pemerintah. Dinataranya, mendorong percepatan pemekaran kecamatan yang sudah pernah di bahas DPRD dan pemerintah pada tahun 2011.

Kemudian, meminta pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata dan menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai kawasan wisata halal.

Pemko harus bisa melakukan peningkatan sarana dan layanan bidang kesehatan, sehingga seluruh masyarakat Tanjungpinang terlayani dengan baik kesehatannya.

Demokrat juga meminta agar ada peningkatan sarana dan mutu pendidikan Tanjungpinang, membangun sekolah-sekolah baru terutama di wilayah Tanjungpinang Timur.

”Soal pemekaran draf yang sudah pernah kami bahas pada 2011 (priode dewan lalu ) yang dimekarkan adalah wilayah Tanjungpinang Timur dan beberapa kelurah di kecamatan lain,” ujarnya.

Saat itu, sambung dia, DPRD meminta kepada Pemko untuk melengkapi syarat-syarat yang kurang. Misalnya, rekomendasi dari pemprov.

Namun sampai saat ini draf perbaikan itu tidak pernah disampaikan pemko ke dewan lagi. ”Maka kita gesa agar pemko kembali sampaikan usulan penekaran tersebut tentu dengan mengikuti semua aturan-aturan yang terbaru,” harapnya.

Sebelumnya, Walikota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, pada tahun 2020 dilakukan pemekaran Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Pihaknya juga akan melakukan kajian-kajian lagi untuk pemekaran ini.

”Insya Allah tahun 2020 pemekaran Kecamatan Tanjungpinang Timur. Kita lakukan kajian dulu dari pakarnya,” ujarnya.

Syahrul melanjutkan, untuk kajian akan melibatkan pakar-pakar dari Universitas Diponegoro. ”Semoga berjalan lancar,” ujarnya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here