FTZ Tanjungpinang Tak Maju

0
849
PELABUHAN TANJUNGMOCO: Para pekerja terus membangun pelabuhan Tanjung Moco Dompak 2016 lalu. Sudah tujuh tahun, pelabuhan ini belum juga rampung. f-suhardi/tanjungpinang pos

MBS..tanjungpinang perlu drongan eknomi. tap knapa tak dimanfaatkan ft.. ktaya ftz tanjngpjnang luas dan ada banyak tempat. tapi nyta tidak berfugsi. banyak yg ngangur juga, apa yhasilnya. apa tak bisa ya pak dewan mghasilkan investasi ftz kta. knpa batam ftznya usha maju. mhn.
+628990078248

Tanggapan :
Batam memang selalu jadi bahan perbandingan dengan daerah lain di Kepri. Tapi perlu kita ketahui, Batam itu sudah dijadikan kota industri dan sekaligus berkembang juga sektor wisatanya.

Di Batam, ada Badan Pengusahaan (BP) Batam yang khusus mengurusi investasi kerja sama dengan Pemko dan kewenangan pengolahan lahan diserahkan ke BP secara khusus.

Beda dengan Badan Pengusahaan Kawasan (BPK) Free Trade Zone (FTZ) atau kawasan pelabuhan dan perdagangan bebas di Tanjungpinang yang kewenangannya juga terbatas.

Kalau di Batam, BP Batam juga memiliki pegawai sama-sama dengan Pemko Batam mengurusi perizinan. Sedangkan BPK Tanjungpinang tidak berperan banyak di sana.

Apalagi, kewenangan BPK Tanjungpinang juga sangat terbatas dan penggunaan anggaran. Meski ada anggarannya, tapi melekat di BP Batam.

Bahkan, untuk membuat kantor sendiri yang berperan mereka tidak bisa. Karena itulah, BPK FTZ Tanjungpinang tak bisa punya aset.

Saya pernah ikut rapat tentang rencana pembangunan jalan di kawasan FTZ di Tanjungmoco, Dompak. Ada persoalan mendasar di sana, jalan itu nanti menjadi aset siapa.

Kawasan FTZ di Tanjungpinang berdasarkan data yang kami terima, ada dua yakni di Senggarang dan Dompak (Tanjungmoco). Di Tanjungmoco, sudah dibangun pelabuhan untuk bongkar muat atau pelabuhan barang.

Namun, perkembangan terakhir yang saya baca dari media massa, dua tahun sampai 2017 ini pembangunan pelabuhan itu tidak dilanjutkan.

Mudah-mudahan tahun depan dibangun dan dirampungkan. Karena ini salah satu penggerak ekonomi Tanjungpinang nanti.
Saya juga dapat informasi, bahwa di daerah FTZ Dompak atau Tanjungmoco akan dibangun nanti pelabuhan ikan. Tentu ini akan membuka titik ekonomi baru buat Tanjungpinang.

Semoga nelayan kita terbantu dan mereka bisa menjual ikannya di sana. Perlu juga dorongan pemerintah daerah agar sama-sama memajukan FTZ ini. Demikian yang bisa kami sampaikan.***

Ade Angga SiP,MM
Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here