Gadget, Jangan Sampai Merusak

0
532
Meliya Astuti

Oleh : Meliya Astuti
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UMRAH

Gadget sudah menjadi kebutuhan dan jadi prioritas di berbagai kalangan di masa ini. Gadget dapat ditemukan dalam wujud handphone atau smartphone, laptop, tablet PC, pemutar media player atau MP3 dan masih banyak lagi.

Semua orang dari berbagai kalangan tak hanya remaja, orang dewasa bahkan anak-anak yang masih di bawah umur sudah mengenal yang namanya gadget. Di era serba IT seperti sekarang ini, semua orang pasti membutuhkan gadget untuk mencari informasi, menghubungi kerabat, kolega, mitra kerja, dan lain-lain.

Gadget dapat dikatakan sebagai alat komunikasi yang memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anak-anak zaman sekarang hari-harinya tak pernah lepas dari alat komunikasi canggih ini. Bisa kita lihat disetiap sisi jalan semua orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya gadget. Katanya hidup serasa hampa dan tak keren tanpa adanya teknologi yang satu ini. Dengan gadget, semua informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah. Hanya dengan sekali tekan, semua informasi yang kita inginkan dapat muncul dalam hitungan detik.

Perubahan yang sangat signifikan itu bisa kita lihat dan rasakan dimana teknologi dulu dan sekarang sudah sangat berbeda jauh, teknologi zaman sekarang berkembang begitu pesat sehingga memunculkan banyak perangkat baru disertakan dengan modifikasi yang luar biasa dalam rangka memenuhi kebutuhan agar dapat mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan. Salah satu contoh, ketika dahulu kita mendengarkan musik atau membaca berita, yang kita butuhkan adalah radio, surat kabar cetak atau surat kabar elektronik berupa televisi. Jika hal ini kita bandingkan dengan kondisi saat ini sudah sangat berbeda jauh.

Baca Juga :  Belajar Kebaikan dari Sang Cincau dalam Memaknai Perubahan

Saat ini kita bisa mendengarkan lagu dengan mudah melalui mp3 player, komputer, atau bisa juga pada ponsel. Membaca dan mendengarkan berita lebih mudah dengan adanya fasilitas internet pada portal berita online, saluran televisi yang beraneka macam, dan sebagainya. Perangkat-perangkat yang kini ada diciptakan dengan tujuan mempermudah aktifitas dan memenuhi keinginan masing-masing individu dengan munculnya teknologi yang tergolong canggih, memiliki fungsi dan tujuan yang lebih spesifik.

Pengguna gadget dikalangan remaja saat ini sudah sangat menjamur. Banyak sekali para remaja yang menggunakan gadget. Entah mereka sedang berada di sekolah, di tempat makan, tempat nongkrong, dan lain-lain mereka pasti selalu mempunyai gadget di genggaman atau didepan hadapan mereka. Manfaat dari gadget ini sangat besar bagi kehidupan sehari-hari, namun tak bisa dipungkiri bahwa pemakaian gadget ini juga dapat merusak generasi milineal saat ini. Hal ini menimbulkan banyak pro kontra pada masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Tanjungpinang versus Pangkalpinang

Banyak masyarakat yang berkomentar bahwa kehadiran gadget di masa remaja dan dibawah umur menurunkan kinerja dan prestasi mereka sebagai pelajar. Mereka juga mengeluh kepada manufaktur telepon genggam untuk tidak memproduksi lagi atau mendistribusikan gadget tersebut.

Sebenarnya penyebabnya bukan dari gadget itu sendiri, justru dari para remaja itu sendiri. Kenapa demikian ? hal ini dikarenakan pada umur belasan, remaja cenderung menggunakan gadget sebagai alat mainan yang terbaru. Mereka menggunakan gadget hanya untuk bersenang-senang sekaligus melakukan sesuatu yang tidak perlu untuk dikerjakan seperti bermain game, saling mengirim sms, chatting atau semacamnya, dan mengakses internet yang dimana mereka belum tentu membuka halaman internet yang layak atau pantas . Hal ini mengganggu kinerja otak anak.

Gadget memang kaya akan manfaatnya namun kemajuan yang terdapat dalam gadget ini bisa saja memancing terjadinya masalah kecanduan pada gadget yang sangat relative terutama di kalangan remaja. Bagi yang mengalami ketergantungan dalam hal yang konotasinya kearah negatif, gadget bisa mengakibatkan lupa waktu bahkan mengganggu dan mengabaikan kesehatan si pengguna gadget sendiri. Sebuah hasil penelitian menyebutkan, ketergantungan pada gadget dapat menurunkan prestasi pada anak-anak akibat lemahnya konsentrasi, mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan, malas menulis dan membaca, serta menurunkan kemampuan bersosialisasi.

Baca Juga :  Manuver Golkar dan Rahma Efek

Untuk itu dalam rangka menghindari terjadinya kecanduan pada gadget maka diperlukan kebijakan dan tindakan yang tepat oleh si pengguna. Mulailah dengan mengubah pola kebiasaan online. Jika kebiasaan online kita menghabiskan waktu seharian untuk menggunakan gadget yang belum tentu arahnya, maka dalam bentuk pencegahannya kita dituntut harus pandai dalam membagi waktu yang dipenuhi dengan berbagai aktivitas yang bersifat positif dan mulai merubah kebiasaan itu dengan membuat pola baru. Dimana misalnya, membaca email sebagai prioritas, dilanjutkan dengan membaca informasi berita setelah itu kita harus mulai berani untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak menjadi prioritas. Bagi orang tua diharapkan dapat memperhatikan anak dalam menggunakan gadget dan menjadi contoh yang baik serta dapat mengajarkan kepada anak untuk menjadi pengguna yang bertanggung jawab. *** 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here