Gagal Bangun Pos, BNNP Bangun Unit SAR

0
368
Kepala Kantor BNNP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi saat diwawancarai awak media baru-baru ini. f-raymon/tanjungpinang pos

Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, wilayah kerjanya Tanjungpinang, Bintan, Batam, Lingga dan Karimun atau yang dikenal dengan Basarnas akan membangun unit siaga SAR di daerah Lingga.

TANJUNGPINANG – Menurut Kepala Kantor BNNP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi, rencana pembangunan pos BNPP di daerah Lingga pada tahun ini, tidak bisa dilaksanakan atau dibatalkan. Namun, BNPP Tanjungpinang akan membangun unit siaga SAR di Lingga.

Budi membeberkan, kenapa kantor Pos BNPP Lingga gagal di bangun, karena ditolak oleh Menteri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Kata dia, Menpan RB beralasan karena BNPP Lingga yang akan dibangun kurang efektif dibangun sekarang. Alasanya lainnya, juga kurang efektif dari segi keamanan.

”Dari Menpan RB menyarankan pembentukan unit siaga SAR saja di daerah Lingga,” katanya.

Untuk mewujudkan unit SAR di Lingga, maka BNNP kembali mengusulkan lahan ke pemerintah daerah. Dan, ia terus berusaha agar Pos SAR di Lingga tetap dibangun untuk masa mendatang. ”Unit dan Pos itu berbeda. Kalau unit siaga masih di bawah kantor BNPP Tanjungpinang,” sebutnya.

Budi menututurkan, pihaknya tidak bisa berdiri sendiri maka perlunya sinergitas dengan instansi lainnya dalam melakukan penyelamatan pertama dalam satu kejadian. ”Kita peralatan lengkap, jadi ini juga perlu kerja sama tim dalam melakukan penyelamatan,” jelasnya.

Menuturnya, saat ini BNPP Tanjungpinang memiliki satu helikopter, tiga unit kapal mulai dari 59 meter, 40 meter dan 30 meter serta lima sea rider yang terbagi dua di Tanjungpinang, dua di Batam dan satu di Karimun. Selain itu 102 personel yang selalu siaga. ”Apabila terjadi sesuatu peristiwa kita bisa sigap, dengan jaminan keselamatan dapat meningkatkan para wisatawan,” ujarnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here