Gagal CPNS Dipertimbangkan P3K

0
647

Pemerintah Kota Batam akan mempertimbangkan pelamar yang tidak lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

BATAM – PEGAWAI P3K hampir sama dengan PNS yang juga digaji dari APBN, namun dikontrak untuk masa kerja tertentu. Hanya saja, untuk menentukan diterima sebagai pegawai P3K mereka harus mengikuti ujian seleksi juga seperti halnya CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Syahir mengungkapkan rencana itu. Hanya saja, pihaknya harus menunggu aturan penerimaan untuk P3K.

”Kita tunggu Juklat dan Juknisnya. Mudah-mudahan setelah tes CPNS ini, ada kabar soal P3K,” harap Syahir.

Disebutkannya, jika untuk CPNS Batam, dibatasi dengan umur 35 tahun, berbeda dengan pegawai P3K. ”Tidak dibatasi maksimal 35 tahun. Tapi sistemnya nanti, akan mengikuti tes, layaknya tes CPNS. Jadi yang honor K2 yang terkendala umur untuk CPNS, bisa ikut tes P3K,” tegasnya.

Di Pemko Batam sendiri, diakui ada 253 orang honor K2. Jumlah itu turun setelah tahun 2013, jumlahnya 737 orang. Jumlah itu berkurang karena sudah lulus tes CPNS tahun 2013 lalu sebanyak 484 orang. Sekarang ada juga diambil dari honorer K2. Namun kuota hanya tujuh orang.

”Itu juga yang mendaftar hanya dua orang. Jadi lima kuota kosong,” bebernya.

Walau ada kuota, namun tenaga honor itu tetap harus mengikuti tes yang berlangsung sekarang. ”Mereka harus memenuhi ketentuan passing grade. Jika tidak, maka tidak akan lulus. Tapi ini jelas ini kesempatan untuk ikut test khusus,” bebernya.

Terkait peminat yang honor kecil, diduga karena masalah umur. Selain itu, diduga bisa dikarenakan hal lain, sehingga tidak ikut tes CPNS. ”Usia adalah kendala utama mereka. Tapi mungkin, ada motivasi lain. Tapi tidak ada lagi pengangkatan CPNS nanti,” imbuhnya.

Sementar untuk tes yang sudah berjalan dengan Computer Assisted Test (CAT), sebanyak 855 orang peserta yang dinyatakan gagal. Sementara yang lulus CAT, baru 45 orang. Jumlah peserta yang sudah mengikuti CAT itu, merupakan peserta CPNS yang ikut ujian dari 26 sampai 29 Oktober 2018.

Diakuinya, sampai saat ini pelaksanaan ujian berjalan lancar dan tertib. Pihaknya bersama BKN UPT Batam sudah mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan saat ujian berlangsung. Diakui, setiap sesi ada jeda atau rentang waktu, 30 menit.

”Peserta mengikuti setiap sesi selama 90 menit. Tiap peserta mengisi sebanyak 100 soal,” imbuhnya.

CPNS MenkumHAM Mulai Ujian
Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk Kantor wilayah MenkumHAM Kepri untuk formasi SMA sampai Sarjana (SI) mulai menggelar tes ujian online Computer Assisted Test (CAT) di aula Hotel CK Tanjungpinang, pada tanggal 28-30 Oktober kemarin.

Di Kepri pelamar CPNS, untuk beberapa formasi di KemenkumHAM Kepri, tercatat sekitar 2.856 peserta. Sejak hari pertama, terbagi lima sesi, sebanyak 228 peserta sampai 400 peserta. Sedangkan, pada hari terakhir peserta bertambah 1.828 orang yang mengikuti ujian CAT.

Humas Kanwil KemenkumHAM Kepri Rinto Gunawan, menuturkan sesuai jadwal untuk pengumuman kelulusan CAT CPNS Kemenkumham 2018 jika tidak ada perubahan akan diumumkan melalui situs cpns.kemekumham.go.id.(MARTUA-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here