Gagal Dilantik, 93 CPNS Berangkat ke Jakarta

0
954
Amsakar

BATAM – Nasib 93 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang batal dilantik kemarin, hingga saat ini belum ada kejelasannyanya.

Menurut Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, ke-93 orang CPNS itu bukan ditunda pelantikan jadi PNS, namun tidak bisa diangkat jadi PNS.

Alasan yang disampaikan Amsakar Achmad, ke 93 orang itu tidak sesuai ketentuan. Di antaranya, karena masa kerja.

”Disposisi saya jelas, proses harus sesuai ketentuan. Kita tidak bisa paksa, karena itu keputusan pusat (BKN). Mereka berkali-kali sudah datang ke saya, tapi memang tidak bisa, harus sesuai ketentuan,” tegas Amsakar, Jumat (21/4).

Diakui Amsakar, kendala yang terjadi di masalah SK ini agak rumit. Sesuai amanat UU Aparatur Sipil Negara (ASN), Wali Kota saat ini hanya bisa melakukan pengangkatan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Demikian, pengangkatan harus persetujuan BKN, Menteri ASN dan Menpan.

”Mereka ini tidak masuk di rombongan yang dilantik, karena terbentuk aturan. Tapi, mereka bisa masuk daftar tunggu,” katanya.

Diingatkan, tidak bisa melakukan sembarang pengangkatan pegawai, karena harus sesuai ketentuan.

”Kecuali Kebersihan, supir bus Dishub. Hanya itu yang boleh,” imbuhnya.

Ditegaskan, ketentuan itu menjadi perhatian dia dan Rudi, karena mereka tidak ingin melanggar aturan. Jika semua sesuai, permasalahan akan di follow up. Jika tidak sesuai, dipastikan masalah akan macet.

”Komitmen kita, harus sesuai ketentuan dan itu kita sampaikan ke mereka,” tegasnya lagi.

Diakui Amsakar, dirinya mengetahui kalau CPNS itu sudah berngkat ke Jakarta, untuk memperjuangkan aspirasinya ke ASN. Diharapkan, ada jalan terbaik sebagai solusi dari pusat.

”Sehingga bisa mereka pahami juga. Karena memang, ketentuanya sudah pusat,” bebernya.

Terkait keberangkatan CPNS Batam itu, Udin P Sihaloho dari Komisi IV membenarkan keberangkatan CPNS itu. CPNS itu diakui berangkat ke Jakarta, bersama pegawai Pemko Batam dan anggota DPRD dari Komisi IV. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here