Gaji 13 Paling Lambat Cair Akhir Juni

0
95

DOMPAK – Sekretaris Daerah Pemprov Kepri H TS Arif Fadillah menegaskan, Pemprov Kepri akan menyelesaikan pembayaran gaji ke 13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) paling lambat akhir Juni mendatang.

”Gaji ketiga belas harus segera diselesaikan, karena kita tahu sebentar lagi ada orangtua yang anaknya masuk sekolah dan sebagainya,” ujar Arif Fadillah, di halaman Kantor Gubernur Kepri, kemarin.

Mantan Sekda Kabupaten Karimun tersebut menyampaikan, saat ini pihaknya tengah meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri untuk menghitung besaran angka yang akan dibayarkan.

Arif sangat berpesan agar ketika sudah dibayarkan, ASN yang menerima harus bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pemenuhan pendidikan, serta aktivitas positif lainnya.

Saat ini dia menyebutkan sedang tahapan administrasi dan mulai diusulkan termasuk pengajuan perlengkapan berkas masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). ”Kita sudah ingatkan agar segera diajukan dan dilengkapi berkasnya,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, pencairan gaji ke-13 akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono mengatakan, untuk gaji ke-13 akan dicairkan saat memasuki tahun ajaran baru.

Pemerintah pun telah menyiapkan anggaran yang lebih besar mengingat gaji PNS mengalami kenaikan sebesar 5 persen tahun ini. Marwanto membenarkan ada penambahan anggaran gaji ke-13 di 2019.

”Anggaran bonus itu akan dicairkan sebesar Rp20 triliun untuk gaji ke-13. Besarannya sama seperti anggaran THR lalu,” ujar dia.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan, penerima gaji ke-13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan. Besarannya pun sesuai dengan penghasilannya yang diterima setiap bulannya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here