Gaji Belum Naik, Petugas Kebersihan Diminta Bersyukur

0
726
Petugas kebersihan menghadiri acara silahturahmi bersama Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang yang dilaksanakan Dinas Perkim, Rabu (22/1).

TANJUNGPINANG – Riuh suara petugas kebersihan terdengar saat meminta kenaikan upah. Mereka berharap Pemko Tanjungpinang terus memberikan perhatian.

Untuk diketahui, kini 160 pasukan oranye Tanjungpinang yang bekerja di berbagai titik ditentukan. Upah yang diberikan senilai Rp1,3 juta per bulan.
Hal ini disampaikan mereka saat berjumpa dengan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, H Syharul – Hj Rahma dalam acara silahturahmi bersama petugas kebersihan di Halaman Kantor Perkim Kota Tanjungpinang, Jalan Perhelatan, Rabu (22/1).

H Syharul mengerti keinginan yang disampaikan para petugas kebersihan. Meski demikian, ia meminta bersabar karena harus melihat kemampuan keuangan daerah.
“Bila jumlah APBD Pemko naik, kita bisa menaikkan gaji para Bapak-Ibu. Ini perlu kembali dihitung karena ada mekanismenya,” ujarnya dihadapan ratusan tamu undangan yang hadir termasuk Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Baca Juga :  Seribu KTP el Tak Bisa Dicetak

Ia meminta para petugas kebersihan sekarang bersabar dan beryukur dengan apa yang diterima. Menurutnya, angka itu memang masih kecil namun sudah lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu hanya Rp900 ribu per bulan.
“Dulu lebih kecil lagi namun saya berharap Bapak-Ibu tetap semangat bekerja. Bila memungkinkan tentu akan dipertimbangkan upah naik,” tuturnya.

Terkait rencana pemberian insetif senilai Rp400 ribu kepada petugas kebersihan masih dalam proses. Diminta juga bersabar karena ada mekanismenya. Rencananya diberikan bersamaan dengan gaji Februari mendatang.

Bukan hanya mereka saja yang mendapat insetif namun seluruh ASN di lingkungan Perkim yang berjumlah 549 orang. Terdiri dari 48 PNS dan sisanya merupakan honorer, tenaga harian lepas, outsourcing serta supir, kenek serta lainnya.
“Kami berharap Bapak-Ibu sabar, pemberiannya tidak tunai melainkan non tunai yang akan di transfer kereking masing-masing,” tuturnya.

Baca Juga :  Ngomong Ngelantur, Ternyata Gangguan Jiwa

Kepala Perkim Tanjungpinang, Amrialis menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan Pemko Tanjungpinang, agar menciptakan Tanjungpinang menjadi lebih bersih.
Menurutnya, masih banyak yang perlu dibenahi dan ditambah. Mulai dari sarana-prasarana maupun SDM yang mengcover seluruh kebersihan di Tanjungpinang.

Amrialis menuturkan, beberapa alat di TPA kini sudah sering rusak, perlu peremajaan.
Selain itu, terkait penambahan SDM diantaranya untuk beberapa bidang. Misalnya petugas kontener yang kini masih 19 orang namun bekerja untuk 31 titik. Ia menilai perlu tambahan agar pekerjaan bisa lebih maksimal.
Selain itu, penjaga TPU yang mereka miliki baru 20 orang. Padahal jumlah makam di tengah masyakat kini 51 titik yang tersebar di Tanjungpinang.

Ia pun berharap ada perhatian dari mitra kerja esekutif, yaitu anggota DPRD Tanjungpinang memperjuangkan berbagai hal yang diperlukan. Termasuk alokasi anggaran penerangan jalan umum, pertamanan dan kebesihan.

Baca Juga :  Gerak Jalan Batal

“Kami berharap rekan-rekan di Komisi III sebagai mitra kerja dari Perkim mau memperhatikan kebutuhan. Kerberhasilan suatu kota dilihat dari berbagai aspek termasuk penerangan jalan dan kebersihan dan penataan kawasan kumuh,” ucapnya.

Rahma menambahkan, akan terus bersinergi bersama petugas kebersihan memantau kawasan Tanjungpinang agar tetap bersih dan bagus.
“Sesuai permintaan dan bagi tugas bersama Pak Syharul, saya diminta untuk rajin memantau ke lapangan. Mudahan menjadi penyemangat bagi petugas kebersihan,” ucapnya singkat.(dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here