Gaji Dewan Bisa Capai Rp 77 Juta

0
1757
Paripurna istimewa: Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto saat memimpin Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Batam beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – DPRD Kota Batam, berpotensi untuk mendapat penghasilan, Rp77 juta per bulan. Itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017. Tapi, itu masih akan dibahas panitia khusus bersama Pemko Batam. Gaji dan tunjangan itu, mengalami kenaikan signifikan.

Kenaikan yang menonjol dari tunjangan. Menurut Wakil Pansus Ranperda Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Batam, Bustamin, Rabu (12/7), gaji dan tunjangan anggota dewan kini, sekitar Rp25 juta.

”Nanti jadi naik karena ada PP itu. Tapi belum final. Masih mau dibahas. Angkanya, Rp77.385.900 untuk anggota dewan,” kata Bustamin. Angka itu diakui masih untuk anggota dewan. Untuk Wakil Ketua dan Ketua DPRD Batam lebih besar lagi. Wakil Ketua menerima tunjangan da gaji, Rp84.955.140 dan Ketua DPRD Batam sebesar Rp93.901.290.

”Tapi belum keputusan. Nanti dibahas dulu. Kita akan lihat kemampuan daerah. Tapi dari angka sebelumnya, bisa jadi naik tiga kali lipat,” bebernya. Dijelaskan, saat ini pendapatan dalam hal ini, gaji dan tunjangan anggota DPRD Batam, sekitar Rp25.795.300. Sementara untuk Wakil Ketua DPRD, gaji dan tunjangan sekitar Rp28.318.380. Untuk Ketua dewan, gaji dan tunjangan sebesar Rp31.300.430.

”Bagaimana nanti, kita akan ketahui setelah konsultasi dengan Mendagri juga. Nanti setelah ada pertimbangan dan masukan Kemendagri, kita finalkan,” sambungnya. Jika sudah disetujui, akan diputuskan dan dibawa ke paripurna, untuk ditetapkan menjadi Perda tentang Hak Keuangan dan Administrasi anggota serta pimpinan DPRD Batam.

”Kalau pun ada kenaikan signifikan, itu lebih karena tunjangan perumahan yang mengalami kenaikan signifikan,” ujar Bustamin. Soal sewa rumah untuk Ketua DPRD Batam, diakui diberikan hak menyewa dengan ukuran tanah seluas 750 meter persegi dengan bangunan diatas 250 meter persegi. Tarif di Batam, sekitar Rp23 juta per bulan. Untuk, Wakil Ketua DPRD, bisa menyewa rumah di atas lahan seluas 500 meter persegi, dengan bangunan seluas 250 meter persegi. Nilai sewa per bulannya Rp21 juta.

”Itu sudah termaksuk furniture dan kelengkapannya. Kalau untuk anggota DPRD, luas tanah, maksimal 350 meter persegi dengan bangunan 150 meter. Sewa maksimal Rp19 juta per bulan,” imbuhnya. Sebelumnya, dewan mengusulkan Ranperda yang direspon Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad sebagai kewajaran. Alasannya, hal itu berangkat dari amanat peraturan pemerintah. Dewan diberikan waktu menentukan kebijakan atas PP itu, paling lambat tiga bulan sejak PP dikeluarkan.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here