Gaji Guru Honor Pahit

0
832
MENGAJAR SISWA: Guru honorer di SMKN 1 Tanjungpinang saat proses belajar-mengajar siswa di kelas.F-SUHARDI/tanjungpinang pos

YTH anggota DPRD Kota Tanjungpinang, kami para guru honor Pemko Tanjungpinang dari berbagai bidang mata pelajaran meminta perhatian untuk menaikkan gaji agar layak. Angka gaji kami sanggat pahit. Saat ini kami ada yang hanya menerima kurang dari Rp 500 ribu per bulan. Padahal jarak tempuh dari rumah ke sekolah cukup jauh, terima kasih.
+628536420004

tanggapan:
Terima kasih atas pertanyananya yang masuk ke redaksi Tanjungpinang Pos. Kami dari Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang mengaku prihatin dengan nasib para guru honor sekolah yang tak mendapatkan gaji layak. Apalagi jika upah yang diterima jauh dari kata layak yaitu kisaran Rp 400 sampai dengan Rp 800 ribu perbulan. Padahal, pendidikan masuk skala prioritas yang ingin dibangun Pemko Tanjungpinang.

Baca Juga :  Awas, Ada Mafia Lahan!

Saya juga banyak terima aduan guru honor belum terima gaji layak. Persoalannya membigungkan juga mau sampaikan. Sekolah butuh guru tersebut tapi tidak masuk anggarannya di APBD Pemko Tanjungpinang. Akhirnya begini, sekolah boleh menerima namun gajinya sesuai kemampuan keungan sekolah, jadi kasihan gurunya.

Jika guru terkait memang dibutuhkan, harusnya dianggarkan di APBD pemko Tanjungpinang. Sehingga para guru dapat menerima yang layak sesuai dengan jenjang pendidikan. Jangan sampai seperti saat ini, para guru tersbeut tidak di gaji layak.
Kalau saran saya, semua guru honor sekolah didata kembali. Dilihat apakah dibutuhkan atau tidak, jika dibutuhkan harus dianggarkan dari APBD pemko. Jika tidak maka sebaiknya pihak skeolah jangan menerima karena akan menyusahkan guru dan keuangan sekolah itu,” tuturnya.

Baca Juga :  Realisasikan Hutang RTLH

Ia mengakui Tanjungpinang masih kekurangan guru. Untuk itu, perlu pendataan yang pasti berapa kekurangan agar bisa dianggarkan dan tak membebani anggaran sekolah. Tapi harus dipastikan setelah ada program itu, pihak sekolah jangan ada menerima secara diam-siam lagi. Ia menyakini, pihak DPRD tidak akan menolak jika Pemko memiliki wancana ini. Pihaknya siap memberikan dukungan agar tenaga pendidikan sejahtera. ***

Maskur Tilawahyu
Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here