Gambar Geometri, Latih Anak Berpikir Logis

0
110
ANAK-ANAK TK dan PAUD se-Tanjungpinang saat mengikuti berbagai kegiatan di Lapangan Pamedan yang mendorong pemikiran anak logis dan kreatif F-martunas/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Di usia emas anak (golden age) 0-5 tahun merupakan masa-masa penting mengisi kecerdasan anak. Karena 80 persen otak anak berkembang di usia emas ini.

Karena itulah, salah satu upaya untuk mengembangkan otak anak-anak di Tanjungpinang adalah dengan menggelar berbagai kegiatan dan bisa memacu percepatan pola pikir si anak.

Salah satunya anak-anak diajak untuk senam bersama dan menciptakan gambar dari bentuk geometri. Inilah yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang melalui Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Tanjungpinang yang menggelar lomba senam dan menciptakan gambar dari bentuk geometri untuk anak TK Kota Tanjungpinang di Gedung Gonggong Tepilaut, pekan lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang AG mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dalam menumbuhkan kembangkan otak anak-anak terutama di usia emas mereka saat ini.

”Anak dari usia dini itu sudah diberikan pelatihan-pelatihan tentang pendidikan, kebersamaan, kekompakan serta kreativitas,” kata Dadang di Gedung Gonggong.

Banyak manfaat yang diperoleh si anak dengan mengikuti lomba menciptakan gambar dari bentuk geometri tersebut. Bisa untuk pemahaman spasial. Nantinya anak-anak lebih mudah untuk memahami konsep volume, sudut, ukuran garis.

Kemudian visual (memiliki kemampuan imajinasi visual) lebih tinggi. Karena dimana-mana gambar geometri itu berhubungan dan diteruskan bangunan geometri.

Kreativitas anak juga berkembang untuk membangun sesuatu think of genius architect). Cara berpikiran secara tiga dimendisional dan kemampuan berpikir secara logis main tinggi.

Ia mengatakan, kegiatan yang digelar IGTKI setiap tahun tersebut diikuti 48 lembaga Taman Kanak-kanak (TK) dengan total jumlah siswa 1.500 anak.

Peserta anak taman kanak-kanak, diajak untuk senam bersama dan menciptakan gambar dari bentuk geometri. Jadi, pola-pola yang sudah disiapkan harus ditempel dengan tepat oleh mereka sehingga menjadi simetris. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here