Gandeng Bank Perbaiki 260 Kelong Rusak

0
246
SEJUMLAH nelayan memiliki kelong yang rusak saat menghadiri pertemuan dengan Plt Sekdakab LIngga Junaidi Adjam, Rabu (17/1). F-ISITMEWA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga akan berupaya memberikan solusi bantuan kepada nelayan yang memiliki kelong api (kelong ikan teri) di empat desa di Kecamatan Singkep Barat yang rusak berat dihantam gelombang.

LINGGA – Setelah didata oleh pihak Dinas Kelautan dan perijanan (DKP) Pemkab Lingga, terdapat 260 kelong yang ada di empat desa.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Lingga, Junaidi Adjam dan OPD terkait yang berdialog dengan nelayan yang tertimpa musibah di Kantor Desa Kuala Raya, Selasa (16/1).

Empat desa tersebut dengan perincian Desa Bakong 140 unit, Desa Kualaraya 37 unit, Desa Tinjul 40 unit, Desa Sungai Harapan 40 unit.

”Kedatangan saya bersama pimpinan OPD ke sini untuk menampung aspirasi nelayan yang terkena musibah dengan ambruknya kelong sebagai tempat mencari nafkah keluarga. Dalam kondisi ini, Pemkab Lingga akan memfasilitasi nelayan kepada pihak terkait agar kelong bisa dibangun kembali,” kata Junaidi dalam pertemuan tersebut.

Junaidi menambahkan, nelayan di empat desa diharapkan tidak salah pengertian dengan bantuan yang akan diberikan.

Untuk itu Pemkab Lingga tidak bisa langsung memberikan uang tunai seperti saat musibah kebakaran di kampung Cina, Daik, beberapa waktu lalu.

”Musibah kebakaran tersebut mengakibatkan rumah sebagai hunian warga. Namun, kejadian ambruknya kelong akibat cuaca ini adalah usaha ekonomi masyarakat. Kami harus mencari jalan serta upaya, agar kelong ini bisa berdiri kembali dan itu harapan para nelayan kelong kita,” jelas Juniadi.

Menurutnya, sesuai pesan Bupati Lingga bahwa OPD terkait akan berupaya mencari solusi diantaranya dengan mengusulkan kepada Pemprov Kepri maupun Pemerintah Pusat menggandeng pihak perbankan dan para pengusaha. ”Kami akan agar bantuan dapat segera direalisasikan, hingga ekonomi masyarakat dapat pulih kembali,” terangnya.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadiri beberapa kepala OPD dan Camat serta pihak Bank Riau Kepri serta sejumlah tokoh masyarakat dari empat desa.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here