Ganti Rugi Warga Sei Gong Mulai Disalurkan

0
72
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Dam Sei Gong, beberapa waktu lalu. f-istimewa

BATAM – Pemerintah pusat melalui Badan Pengusahaan (BP) Batam menyalurkan uang kerohiman untuk warga yang menggarap lahan dan memilik bangunan di Sei Gong, Barelang. Nominal dana yang disalurkan bervariasi. Tergantung dari banyak tanaman dan jenis serta kondisi bangunannya. Bahkan, ada yang dapat Rp800 juta untuk satu orang. Untuk tahap awal, dana yang disalurkan tercatat untuk sembilan warga.

Penyaluran ini sendiri dilakuan, Rabu (9/5) dengan sistem transfer, setelah warga menandatangani serah terima. ”Dari 46 orang yang berhak menerima, sembilan orang sudah mendapat uang sagu hati atau kerohiman. Ada satu orang yang mendapat Rp 800 juta. Ada juga yang mendapat Rp200 juta,” beber Deputi IV BP Batam, Eko Budi Soepriyanto.

Total dana yang disiapkan pemerintah pusat, sebanyak Rp3 miliar, untuk uang kerohiman bagi warga yang melakukan aktivitas di atas lahan dam itu. Diakui, ada 78 persil lahan diusahakan warga. Namun, yang berhak menerima uang kerohiman, hanya 46 orang.

”Pemberian uang kerohiman ini masih akan dilanjutkan minggu depan,” jelas Eko.

Menurutnya, pemberian uang kerohiman ini akan diberikan untuk warga yang sudah membawa dokumen kartu keluarga (KK) dan KTP. Selain itu, harus membawa hasil verifikasi yang dilakukan tim atas tanaman dan bangunan di lahan Sei Gong. ”Silakan yang lain datang dan kita terima mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB,” imbaunya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here