Garap Potensi Lokal, Dispora Siapkan Pemuda Kreatif

0
119
KEPALA Dispora Bintan Hasfi Handra memasangkan tanda peserta pelatihan pengembangan pemuda, di Lohas Weelnes Village Km 24 Toapaya Asri, Kamis kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bintan kembali menyiapkan pemuda Bintan yang kreatif, melalui pelatihan pengembangan pemuda, Kamis (27/7). Kegiatan pelatihan pengembangan pemuda yang diselenggarakan di Lohas Wellnes Village Km 24 Toapaya Asri ini, untuk memotivasi pemuda Bintan agar mampu menggarap potensi lokal.

Kepala Dispora Bintan Hasfi Handra menjelaskan, Kabupaten Bintan berada di daerah perbatasan antarnegara. Persaingan global menjadi tantangan yang besar bagi pemuda, untuk masa mendatang.

”Jumlah pemuda di Bintan ini cukup banyak. Mayoritas sudah bekerja. Tapi, kita menginginkan pemuda di Bintan lebih kreatif lagi. Terutama dalam menggarap potensi lokal,” kata Hasfi Handra, usai membuka kegiatan pelatihan pengembangan pemuda, kemarin.

Menurut Hasfi, pemuda memiliki waktu yang cukup banyak. Dibandingkan waktu itu terbuang dengan sia-sia, lebih baik dimanfaatkan dengan kegiatan yang bersifat kewirausahaan. Sehingga pemuda bisa menciptakan lapangan kerja baru, sesuai dengan potensi lokal.

”Jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda, perlu kita tumbuhkan. Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif, dalam menuju Bintan Gemilang,” tutur Hasfi.

Kabid Kepemudaan Dispora Bintan Aslaini menyampaikan, kegiatan pelatihan pengembangan pemuda pada tahun 2019 ini, diikuti 70 orang peserta. Mereka berasal dari Kecamatan Toapaya, Gunung Kijang, Teluk Bintan dan Teluk Sebong. Para peserta diberikan materi oleh Dispora Bintan, Disnaker, beberapa orang perajin dan traveller di bidang pariwisata.

”Pelatihan ini diberikan dengan tujuan menciptakan pemuda yang kreatif, mampu menciptakan lapangan kerja dari pemanfaatan potensi lokal, dan mampu bersaing di pasar internasional atau global,” kata Aslaini.

Pembukaan pelatihan pengembangan pemuda Bintan ini, dihadiri Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Bintan Dian Nusa, Camat Toapaya Riang Anggraini dan sejumlah perwakilan dari OPD. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here