Garuda Bakal Buka Rute Natuna-Hongkong

0
919
TURUNKAN PENUMPANG: Penumpang turun dari pesawat Garuda saat mendarat di Bandara Raja Haji Fisabillah Tanjungpinang, belum lama ini. f-adli bara/tanjungpinang pos

NATUNA – Maskapai Garuda Indonesia Airways (GIA) akan melayani penumpang antardaerah di Kepri. Jika selama ini Garuda hanya menerbangi Batam-Jakarta, maka ke depan akan membuka rute baru untuk dua daerah lainnya. Dua daerah yang akan diterbangi Garuda adalah Natuna dan Karimun.

Sales Marketing PT garuda Indonesia bo. Batam, Petrisia mengatakan, dari hasil pertemuan dengan Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun yang membahas rute Garuda Indonesia telah disepakati rute penerbangan domestik yakni Batam-Natuna, Natuna-Batam, dan Batam-Jakarta serta Batam-Karimun.

Selain penerbangan domestik, pihak Garuda dan Pemprov juga membahas rencana penerbangan rute Natuna-Hongkong dan sebaliknya.

”Pada dasarnya kami dari Garuda sudah siap membuka rute terbang ke daerah dimaksud. Hanya saja semuanya belum bisa kita laksanakan karena ada beberapa hal yang perlu diurus oleh Garuda dan pemerintah. Untuk Natuna, kami juga ada rencana membuka rute Hongkong-Natuna,” kata Petrisia saat melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, Selasa (12/12).

Menurut Petrisia, Garuda saat ini tidak mudah membuka rute ke daerah-daerah karena PT. Garuda Indonesia sudah tidak murni lagi sebagai perusahaan BUMN melainkan pihak swasta juga memiliki saham di dalamnya.

Selain itu, dalam upaya membuka rute terbang, Garuda juga perlu mengetahui potensi market yang ada di daerah tujuan sehingga penerbangan bisa survive.

”Dalam kenyataan seperti ini, kami memerlukan kerja sama dengan pemerintah daerah agar dapat membantu koordinasi dengan pemerintah pusat dan dapat memberikan data-data perihal potensi market yang ada di daerah. Saya rasa Natuna memiliki peluang yang sangat besar untuk mewujudkan keinginan ini,” jelas Petrisia.

Ia mengaku, rute penerbangan dari dan ke Natuna sudah diusulkan ke pihak Garuda dan Garuda telah menyanggupinya.

”Besar harapan kami agar Pemerintah Kabupaten Natuna bisa segera mempresentasikan potensi market yang ada di Natuna kepada pihak Garuda agar bisa cepat terwujud,” ucapnya.

Wakil Bupati Natuna menyambut baik rencana maskapai itu. Menurutnya, Natuna sangat memerlukan dukungan transportasi udara dalam upaya percepatan pembangunan. Dalam upaya ini, jumlah kunjungan ke Natuna semakin pesat baik yang berupa kunjungan pemerintah, investasi dan wisata.

”Kami apresiasi rencana Garuda ini dan kami tekankan kepada semua jajaran pemerintah terkait agar sesegera mungkin menyiapkan data mengenai potensi-potensi market yang ada agar segera bisa dipresentasikan,” kata Wabup Ngesti.

Selain itu, ia juga menekankan agar instansi terkait dapat berkoordinasi langsung dengan pemerintah pusat dan stakeholder lainnya yang berada di Jakarta.

”Kami akan koordinasi dengan pemerintah pusat terutama sekali dengan kementerian yang memiliki kepentingan besar di Natuna dalam pembangunan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertahanan dan lain sebagainya karena beliau-beliau itu sering berkunjung ke Natuna. Kita berharap beliau-beliau juga dapat membantu memperlancar rencana ini,” pungkasnya.

Hadir pada pertemuan itu Ketua DPRD Natuna, Yusripandi Asisten II Pemkab Natuna, Hardinansyah, Asisten III Pemkab Natuna, Izwar Asfawi serta perwakilan dari Dishub Kabupaten Natuna. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here