Gaslink Disambut Pengelola Resor di Batam

0
65
Gaslink dari Gagas Energi, mulai beroperasi di Batam dengan pengoperasian di Harris Resort, Sekupang, Kamis (14/3) F-MARTUA/tanjungpinang pos

BATAM – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melalui anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) meluncurkan pelayanan Gaslink untuk wilayah Batam. Gas bumi berbentuk Compressed Natural Gas (CNG) itu, kini mulai mendapat sambutan dari pengelola tempat usaha. 12 tempat usaha merespon dengan memanfaatkan mendukung operasional restoran. Seperti Harris Resort Sekupang, Batam.

General Manager Shared Service Harris Resort, M Mufrani di lokasi resort itu, Kamis (14/3) mengungkapkan, mereka baru sekitar dua minggu, menggunakan gaslink. Diakui, kini Harris Resort di Sekupang itu, bisa menghemat sekitar 20 persen. Biasanya, konsumsi gas mereka dengan menggunakan elpiji, sekitar Rp12 juta sampai Rp15 juta.

”Dari volume, efisiensi 20 persen. Kita biasanya habiskan biaya gas, dengan elpiji, untuk dapur, Rp12 sampai Rp15 juta juta per bulan. Berangkat dari situ, muncul pemikiran kita untuk menggunakan gas, lebih efisien biaya untuk energi dibanding energi lain. Hasil rapat, kita putuskan gaslink,” katanya.

Pihaknya diakui memanfaatkan gaslink, untuk memasak di restoran, dalam memenuhi kebutuhan tamu mereka. Di mana, setiap hari, mereka memiliki tamu hingga 400 orang, dengan 250 kamar. ”Gaslink itu kami manfaatkan untuk memasak. Kebutuhan kami akan gas cukup tinggi,” sambung Mufrani.

Diakui, setelah menggunakan gaslink, mereka kini bisa merasakan penghematan hingga 20 persen. Dengan demikian, penggunaan gaslink sudah tepat. Selain lebih hemat, menggunakan gaslink, juga diakui lebih aman. Gaslink menggunakan teknologi Gas Transportation Module (GTM) dan stasiun penyaluran ditempatkan di lokasi yang lebih aman, di luar gedung. Berbeda dengan gas tabung.

”Sekarang, lebih hemat sekitar 20 persen dan lebih efisien serta lebih aman. Ini kita rasakan. Ini sudah melalui kajian dan rapat di internal manajemen, sebelum memutuskan pindah ke gaslink. Ini sangat baik,” bebernya.

Sementara Sales Area Head PGN Batam, Wendi Puryanto mengatakan, gaslink merupakan solusi penyediaan gas bumi untuk lokasi yang belum dapat dilayani jaringan pipa distribusi gas bumi. Saat ini, jumlah gaslink truck yang menopang layanan PGN di Batam, ada empat unit. Ada tiga unit ukuran 10 feet dan satu unit ukuran lima feet.

”Ini bagian upaya PGN memberikan kepuasan, efisiensi, kemudahan, keselamatan, jaminan suplay, kontinuitas, transparan. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here