GCA Tanjungpinang Laksanakan Lomba Kayak Kano

0
374
Kadispora Kepri, Maifrizon foto bersama usai menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba kano tingkat SMA.

TANJUNGPINANG – Sebagai bentuk pembinaan atlet kano, Gurindam Club Adventure (GCA) Kota Tanjungpinang melaksanakan lomba kayak kano pemula yang diikuti 94 pelajar tingkat SMP dan SMA se Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari, Sabtu dan Minggu (28-29/4) di kawasan Tepilaut, Tanjungpinang.

Ketua panitia pelaksana, Rubiatul Halipah menuturkan, para peserta merupakan perwakilan yang dikirimkan dari masing-masing sekolah.
Sebelum bertanding, para peserta juga mengikuti latihan singkat dua minggu. ”Kita pastikan dulu para peserta lomba sudah bisa ikut bertanding, tujuannya menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Kita juga melatih fisik para peserta,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai pertandingan.

Ia memastikan, tujuan latihan yang diberikan bukan membatasi peserta. Melainkan untuk mempersiapkan mental masing-masing peserta. ”Jadi kalau peserta belum ikut latihan bersama kami tidak bisa ikutkan dalam lomba kemarin. Khawatir nantinya peserta belum menguasai teknik dan kondisi lapangan,” paparnya.

Pertandingan dimulai dari Tugu Pensil dan berakhir di Tugu Monumen kawasan Tepilaut. Panjangnya sekitar 500 meter. Mantan atlet tahun 1993 ini juga berharap, melalui kegiatan tesebut, akan bermunculan atlet-atlet berprestasi dan nantinya akan mendapat pembinaan. Hal itu sejalan dengan pesan yang disampaikan Kadispora Provinsi Kepri, Maifrizon saat penutupan lomba.

Ada delapan kategori pertandingan, yaitu single dan double putra dan putri tingkat SMP. Begitu juga dengan tingkat SMA sederajat. Lomba diikuti 94 peserta.

Club kano yang lahir sejak tahuh 2006 lalu tersebut sudah delapan kali melaksanakan perlombaan. Ia juga mengajak, bagi siswa-siswi yang ingin latihan bisa mendaftar, pihaknya tidak memungut biaya. Kini GCA memiliki 30 atlit yang juga bisa membina peserta baru. ”Para senior-senior tersebut sudah bisa melatih dasar-dasar lomba kepada peserta baru nantinya,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki 15 alat kano yang biasa digunakan untuk latihan. Ia menilai kegiatan ini sangat penting, sebagai bentuk motivasi, memberikan kesempatan kepada atlet pemula. Serta sebagai tolak ukur kemampuan diri.

Dituturkannya, sebab tidak semua sekolah memiliki alat-alat ini, sehingga melalui GCA Tanjungpinang sebagai wadah melatih siswa untuk mencetak atlet berprestasi ke depan. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here