Gebyar Hardiknas 2019, Bintan Raih Segudang Prestasi

0
75
SEKDA Bintan Adi Prihantara dan Kadisdik Tamsir SSi MSi menyerahkan penghargaan kepada guru dan kepala sekolah serta siswa berprestasi, di sela peringatan Hardiknas. f-yendi/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Guru dan siswa serta sekolah di Kabupaten Bintan meraih segudang prestasi. Prestasi ini menjadi wujud misi menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, di Kabupaten Bintan, Kamis (2/5) kemarin.

Pemkab Bintan melalui Dinas Pendidikan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, di halaman Gedung asional Tanjunguban, Kamis (2/5) kemarin. Gebyar Hardiknas tahun 2019 ini, turut dimeriahkan penampilan seni dan budaya yang disaksikan seribuan guru dan pelajar, tokoh pendidikan Kabupaten Bintan.

Dalam kesempatan ini, Dinas Pendidikan me-launching Aplikasi Sistem Informasi Pendidikan. Selain itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi yang diwakili oleh Sekda Bintan Adi Prihantara menandatangani prasasti peresmian pembangunan unit sekolah baru SDN 010 Bintan Utara, dan unit gedung baru PAUD Percontohan TK Negeri Pembina Toapaya. Sebagai bentuk apresiasi Pemkab Bintan, sebanyak 156 insan pendidik (guru dan tokoh pendidikan) serta siswa berprestasi diberikan penghargaan.

Penghargaan itu diberikan kepada kepada 24 orang purna bhakti, 6 orang tokoh pendidikan, 10 orang Kepala Sekolah berprestasi, 78 siswa berprestasi, 24 sekolah berprestasi, 8 pegawai berdedikasi, dan santunan duka kepada tenaga pendidik yang meninggal dunia kepada 5 orang ahli waris, serta bantuan kepada 10 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata.

Penghargaan dan apresiasi kepada guru, siswa dan sekolah berprestasi ini diberikan oleh Sekda Bintan Adi Prihantara, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi, Ketua Komisi III Fiven Sumanti beserta anggota Bani Suparti dan Suardi, serta pimpinan FKPD dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bintan. Peringatan Hardiknas dihadiri camat, lurah, guru, pelajar dan kepala sekolah.

”Selama tiga tahun terakhir, banyak pembangunan di bidang pendidikan yang kita realisasikan. Dan kita bangga, Bintan meraih segudang prestasi,” ujar Tamsir SSi MSi, Kepala Dinas Pendidikan Bintan.

Realiasi pembangunan pendidikan itu, sebut Tamsir, seperti merehab 264 ruang kelas, membangun 38 ruang kelas baru, meningkatkan profesionalisme 811 guru, mencetak 923 guru bersertifikasi, memenuhi komputer untuk UNBK di 26 sekolah, membangun sekolah, penyediaan jaringan VISAT, menyiapkan transportasi darat dan pompong secara gratis, sampai dengan penyediaan perlengkapan sekolah gratis.

”Tunjangan insentif kepada guru dan honorer pun kita wujudkan. Dengan Hardiknas 2019 ini, mari bersama menguatkan pendidikan, dan memajukan kebudayaan,” harap Tamsir SSi MSi.

Sekda Bintan H Adi Prihantara menyampaikan, dunia pendidikan di Kabupaten Bintan telah banyak berbenah, dan menciptakan terobosan baru. Sebagai komitmen dari Bupati Bintan H Apri Sujadi, pemerintah daerah bersama semua jajaran bertekad dalam mengentaskan angka putus sekolah, sekaligus memajukan pendidikan.

Justru itu, Pemkab Bintan terus membangun dunia pendidikan dengan inovasi-inovasi. Mulai dari aplikasi sistem informasi pendidikan, menyediakan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, sampai dengan membangun pemikiran generasi muda yang baik.

”Kita cuma berpesan, didik anak dengan contoh teladan yang baik. Jangan biarkan anak lebih mendengar suara hape, dibandingkan suara orang tua. Membina budaya dan budi pekerti anak di era teknologi sekarang, sangat perlu,” tegas H Adi Prihantara.

”Begitu pesan Pak Bupati,” demikian penuturan Adi Prihantara. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here