Gedung Daerah Diserang Belanda

0
626
Upacara: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Paskibraka saat upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Gedung Daerah, Kamis (17/8). Usai upacara, digelar juga drama kolosal perjuangan Sultan Mahmud Riayat Syah III. f-suhardi/tanjungpinang pos

Nurdin Pimpin Upacara HUT RI dan Pemberian Remisi

TANJUNGPINANG – Pasukan Belanda mendadak menyerang Gedung Daerah Tepilaut, Tanjungpinang, Kamis (17/8). Sedikitnya puluhan pasukan Belanda menyerang gedung bersejarah itu dengan senapan mesin. Untungnya ada pasukan Sultan Mahmud Riayat Syah III datang menghadang. Pertemuan tidak bisa dielakkan. Banyak korban jiwa dalam perang itu. Akhirnya, musuh berhasil dipukul mundur.

Ini merupakan penampilan drama kolosal Grilya Laut Sultan Mahmud Riayat Syah III yang diperankan oleh gabungan TNI/Polri serta perwakilan pelajar SMA sederajat di Kota Tanjungpinang. Upacara HUT RI di halaman Gedung Daerah kali ini dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. ”Menarik, usai upacara Kemerdekaan, Gedung daerah diserang Belanda,” ujar Ismail, penonton yang turut menyaksikan ragam acara peringatan HUT RI ke 72 tahun.

Pertunjukan ini dilakukan usai Gubernur dan masyarakat Kepri mengikuti upacara Kemerdekaan RI. Nurdin di dampingi istri Noorlizah Nurdin, Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, para veteran dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tokoh pemuda turut serta menyaksikan pertunjukan itu. Pertunjukan drama kolosal itu berlangsung lebih kurang setengah jam. Ribuan masyarakat yang sebelumnya menjauh dari lokasi gedung daerah, langsung berkumpul. Untuk melihat lebih dekat drama kolosal Grilya laut Sultan Mahmud Riayat Syah III tersebut.

Aksi para pemain, sempat membuat Nurdin dan pejabat lainnya tersenyum. Bahkan sesekali tepuk tangan. Meskipun sempat ada pertunjukan perkelahian, serta atraksi saling serang antara pemain dari pihak Sultan Mahmud Riayat Syah III dengan para pemeran tentara Belanda. Usai drama itu berlangsung, kemudian Gubernur Nurdin di dampingi istri melanjutkan acara sesi foto bersama tamu undangan. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72 tahun di halaman Gedung Daerah, Tepi laut Tanjungpinang.

Tidak hanya itu, pejabat nomor satu di Kepri itu pun menyerahkan simbolis remisi bagi warga binaan di Lapas Narkotika Tanjungpinang di Batu 18 Kijang, Bintan, Kamis (17/8). Tak hanya pejabat OPD juga terlihat jajaran pimpinan FKPD, serta Paskibraka dan para veteran turut melakukan sesi foto bersama bupati dua periode di Kabupaten Karimun tersebut. Selesai di Gedung Daerah, Nurdin kemudian melanjutkan aktivitas ke Lapas Narkotika di Batu 18 Kijang Bintan Timur. Di sana Nurdin tampak memberikan remisi kepada narapidana (Napi) secara simbolis di dampingi kepala Kanwil KemenkumHAM Kepri Bambang Widodo serta pejabat Kepri. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here