Gedung Gonggong Dipasang Video Mapping

0
1000
GEDUNG GONGGONG: Pemerintah membuat video mapping, salah satunya membentuk wajah di Gedung Gonggong. f-istimewa

Biar Kayak Hongkong!

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang terus berinovasi untuk memperindah ikon wisata di Ibu Kota Provinsi. Di antaranya, ikon wisata baru gedung Gonggong di Tepilaut. Kini, pemerintah telah memasang video mapping dengan konsep 3D di Gedung Gonggong. Saat malam hari gedung tersebut terlihat indah dengan segala tampilannya. Menurut Kepala Seksi (Kasi) PJU dan Dekorasi Kota dari Disperkim Kota Tanjungpinang, Hendry program pemasangan video mapping termasuk program dekorasi kota. ”Alhamdulillah, kita coba video mapping yang ditampilkan di Gedung Gonggong sangat luar biasa. Gedung Gonggong jadi terlihat waah malam hari,” kata Hendry kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (11/8).

Nantinya, dengan adanya video mapping tersebut, Gedung Gonggong semakin menarik untuk dikunjungi saat malam hari. Dan, berharap kunjungan wisatawan lokal atau wisman mancanegara mau ke Kota Tanjungpinang untuk berwisata. ”Ya, kita mimpinya seperti Hongkong-lah. Kita terus benahi Gedung Gonggong kita,” katanya.

Baca Juga :  Rp5 M untuk Tata Sungai Carang

Kata dia, berbagai macam video mapping yang sudah pernah ditampilkan oleh Disperkim Kota Tanjungpinang. Mulai pencayahaan lampu warna warni, gambar hingga wajah seseorang. Gambar yang dipancarkan ke Gedung Gonggong hanya menggunakan proyektor. Jadi, proyektor tersebut difokuskan ke dinding Gedung Gonggong. Pada saat ingin,pemerintah ingin menampilkan video mapping, lampu Gedung Gonggong harus dimatikan. Sehingga video mapping yang ditampilkan terlihat wah dan mezing. ”Bagus banget loh,” ucap dia sambil menunjukkan raut wajah yang gembira.

Ia sengaja pasang proyektor diseberang Gedung Gonggong tepatnya di tengah pembatan jalan. Sebelum proyektor dihidupkan pihaknya sudah menyediakan gambar yang disimpan menggunakan flashdisk. ”Kita hidupkan ini pada momen tertentu saja. Bisa jadi malam Minggu maupun malam hiburan lainnya,” terang dia.

Baca Juga :  Satres Narkoba Amankan Lima Tersangka

Tujuan dipasangnya video mapping di Gedung Gonggong, kata dia, hanya meningkatkan daya tarik pariwisata di Tepilaut. Kata dia, kalau dilihat, Gedung Gonggong menjadi indah dan menarik. Sehingga orang berdatangan ke Tanjungpinang untuk melihat pertunjukan yang disuguhkan Pemko Tanjungpinang kepada pengunjung berada di Tepilaut Tanjungpinang. ”Ya, bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanjungpinang. Karena menjadi daya tarik baru di Tanjungpinang,” ucapnya.

Disamping itu, ia menjelaskan, video mapping merupakan sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi. Sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada objek. Obyek- objek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu objek, benda, atau bidang. Video mapping sebagai metode baru yang menarik adalah bagian dari evolusi seni visual. Sebagai manifestasi pencitraan seni visual dan teknologi.

Baca Juga :  Stop BAB Sembarangan Tempati

Para seniman dapat mewujudkan ide yang mereka desain kedalam materi 3D apapun di dalam bentukan arsitektur. Video mapping menggabungkan pemetaan film dan video sebagai strategi pertunjukkan. ”Disatukan dengan perjalanan visual-narasi kita dapat mempromosikan kepekaan lokal dan global dari identitas sebuah tempat,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here