Gedung Pasar Harus Multifungsi

0
112
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun saat melakukan peninjauan ke Pasar Rakyat Tebing dalam kunjungan kerjanya ke Tanjungbalai, Kabupaten Karimun, Senin (5/11) petang. f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menegaskan bahwa segala pembangunan terutama yang bersifat strategis dan langsung mengarah kepada kebutuhan masyarakat harus dibangun dengan semaksimal mungkin dan multifungsi seperti gedung Pasar Rakyat Tebing.

KARIMUN – ”Harus berjangka panjang dan menjadi bermacam-macam fungsi,” ujar Nurdin saat melakukan peninjauan ke Pasar Rakyat Tebing dalam kunjungan kerjanya ke Tanjungbalai, Kabupaten Karimun, Senin (5/11) petang.

Dalam peninjauannya tersebut, Nurdin didampingi Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Asisten I Raja Ariza, Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin, Kepala Dinas Pendidikan M Dali, Kepala Dinas Kepemudaan Maifrizon dan Kabiro Humprohub Nilwan.

”Yang penting apa yang dibutuhkan masyarakat terkait kebutuhan pasar terjawab dengan pembangunan ini,” lanjut Nurdin.

Nurdin juga meminta kepada Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait, Pemkab serta khususnya dengan pemerintah pusat.

”Terkait alokasi dana pasar yang bersumber dari APBN harus terus dipantau,” pesan Nurdin.

Pembangunan Pasar Rakyat Tebing sendiri akan menghasilkan bangunan berlantai dua, dengan total kios sebanyak 26 buah. Dengan ukuran 4×3 meter dilantai satu sebanyak 14 buah dan di lantai dua sebanyak 12 buah dengan lama pengerjaan 120 hari. Pembangunan sendiri telah menampakan hasil.

”Halaman depan kalau bisa di papin untuk menambah keindahan juga kebersihan pasar,” kata Nurdin.

Adapun dalam pengerjaannya, pembangunan pasar akan menambah halaman sepanjangan 8 meter ke depan sebelum mencapai jalan raya. Nurdin memberikan ide jika lebih baik menambah intensitas dalam pemanfaatan lokasi pada malam hari.

”Agar ekonomi tetap hidup, lokasi tetap terpakai pagi dan malam, bisa kita buat multifungsi, misalnya kawasan foodcourt untuk malam harinya,” kata Nurdin.

Selama ini, gubernur terus berusaha mencari anggaran dari pusat untuk membangun pasar di Kepri. Salah satu yang direncanakan akan dibangun adalah pasar di Tanjungpinang dengan sistem pasar tradisional tapi konsepnya modern.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here