Gedung PKM Akan Dialihfungsikan

0
547
KONDISI gedung yang sudah ditumbuhi semak belukar dan mulai rusak. f-ISTIMEWA

NATUNA – Camat Pulau Tiga Barat Tabrani, mengaku telah mengusulkan gedung PKM Pulau Tiga untuk dialihfungsikan. Karena, gedung tersebut tidak pernah difungsikan sejak sekitar sepuluh tahun lalu.

Ia menjelaskan, gedung PKM itu dibangun pada tahun 2008 dan sempat dipinjamkan untuk fungsi kantor camat setempat lalu.

Pada 2010, gedung tersebut diambilalih lagi untuk dijadikan puskesmas sebagaimana tujuan awal pembangunannya. Hanya saja, sejak itu juga fungsinya sebagai puskesmas tidak pernah berjalan lantaran warga setempat tidak mau berobat ke puskesmas itu dengan alasan jaraknya jauh dan jalannya susah.

Baca Juga :  Bayar Iuran, Air Tak Kunjung Mengalir

”Kemarin waktu saya masih jadi Camat Pulau Tiga, sudah saya usulkan agar gedung itu dialihfungsikan saja. Waktu itu, pihak Pengawas Perikanan Berkenan mempergunakannya, maka kami usulkan untuk dialihkan untuk kantor Pengawas perikanan,” tutur Camat Tabrani, di Kantor Bupati Natuna, kemarin.

Ia mengaku prihatin, dengan kantor tersebut yang kian hari kondisi fisik bangunannya semakin parah.

“Pertimbangannya, ketimbang gedung itu mubazir mending dipergunakan untuk yang lain saja. Toh warga juga tak bakal mau berobat ke sana, mereka lebih senang ke Pustu yang dijadikan PKM sekarang. Tapi usulan itu belum ada jawaban sampai sekarang,” jelasnya.

Baca Juga :  Puluhan Polisi Merazia Sejumlah THM

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Rinaldi mengaku, opsi pengalihfungsian itu memang ada ditataran pemerintahan. Hanya saja, langkah itu belum bisa dilaksanakan karena masih ada opsi lain yang belum dilaksanakan.

”Ya betul, pengalihfungsian memang jadi satu pilihan. Tapi kami ini mencoba koordinasi dengan dinas, dan pihak terkait agar bagaimana caranya akses jalan bisa dibuka dan diperbaiki sedemikian rupa. Agar ada tambatan perahu di sekitar sana sehingga warga tidak kesusahan menuju PKM itu,” terangnya.

Bila opsi pengalihfungsian menjadi pilihan satu-satunya, ia mengaku siap membangun gedung baru di lokasi lain yang sekiranya gampang diakses warga.

Baca Juga :  Kemenkes Kucurkan Bantuan Jampersal

”Tapi kalau pun opsi pengalihfungsian harus dilakukan, kita juga ada rencana bangun gedung baru di lokasi lain yang lebih mudah diakses. Lahannya sudah kita tentukan di sana,” tutupnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here